blank
Para narapidana Lapas Semarang dalam kegiatan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1443 H/2022. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Semarang menggelar Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1443 H/ 2022 M dengan berbagai macam perlombaan.

Kalapas Semarang, Supriyanto mengatakan, Lapas Semarang mengadakan lomba-lomba keagamaan diantaranya, lomba murotal, lomba adzan dan iqomah, lomba hafalan asmaul husna, dan lomba kreasi nadzom Islam Kaffah yang diikuti oleh perwakilan narapidana masing-masing padepokan blok hunian.

Menurut Supriyanto, perlombaan ini merupakan sub kegiatan pendukung yang diharapkan mampu memberikan warna dan semangat para narapidana muslim, dalam rangka meningkatkan nilai-nilai spritual dalam kehidupan sehari-hari.

“Meskipun dalam kondisi sedang menjalani pidana di Lapas Semarang, adanya momentum Isra Miraj ini, tentunya dapat lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, dengan memaknai ibadah dan sholat sebagai bentuk rasa syukur,” ungkap Supriyanto, Rabu (23/2/2022).

Kalapas menambahkan, peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW merupakan peristiwa bersejarah yang melatarbelakangi adanya perintah sholat bagi kaum muslimin, dan melaksanakan perintah tersebut sesuai dengan tuntunannya.

“Menjalani pidana di Lapas dapat dijadikan sebagai sarana untuk pembelajaran dan merenungi kehidupan yang telah dilalui selama ini. Kesempatan untuk selalu memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, yang mungkin selama ini banyak meninggalkan perintah-perintah-Nya,” pesan Kalapas.

Para narapidana terlihat antusias mengikuti perlombaan, walau dengan kondisi terbatas, di Masjid At- Taubah yang merupakan wadah bagi narapidana Lapas Semarang untuk mendalami pengetahuan agama, bagi yang beragama Islam.

Ning