blank
Remaja putri LDII Kebumen mengikuti workshop kesehatan remaja dan reproduksi, Minggu 20/2 di Masjid Biatussalam dan Aula Waladun Solih.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Kesehatan merupakan suatu hal yang penting untuk manusia dalam menjalani kehidupan. Tanpa kesehatan aktivitas akan terganggu.

Pimpinan Cabang Lembaga Dakwah Islam Indonesia ( PC LDII ) Kecamatan  Kebumen, Kabupaten Kebumen, melaksanakan workshop kesehatan dengan tema “Health Me , Knowing  Our Own World.

Ketua PC LDII Kecamatan Kebumen H Irianto kepada Suarabaru.id menjelaskan, acara diselenggararakan pada Minggu (20/2), diikuti sebanyak 119 remaja putri se Kecamatan Kebumen. Sengaja digelar pada hari libur agar banyak yang hadir.

“Berhubung di masa pandemi Covid-19, pelaksanaan acara dilakukan di Masjid Biatussalam dan Aula Waladun Solih dengan menerapkan protokol  kesehatan  (prokes) ketat.Yakni menerapkan 3M,   menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker,”tandas Irianto.

Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin dua tahun sekali bagi remaja putri  LDII Kebumen, guna  mengedukasi i tentang kesehatan remaja seperti masa datangt bulan atau menstruasi dan keseimbangan menu diet sehat pada organ reproduksi wanita, terutama di masa pandemi seperti saat ini.

Pada kesempatan yang sama Ketua DPD LDII Kabupaten Kebumen yang turut hadir pada kegiatan  tersebut, H Gunardi, menjelaskan pula bahwa bimbingan konseling juga memberikan materi tambahan tentang “Menjaga Kesehatan Mental di Era Digital”.

Menurut Gunardi, kegiatan bertujuan agar remaja putri LDII Kebumen dapat mengelola perasaan, pola pikir dan perilaku negatif yang mengganggu kesehatan mental mereka, sehingga mampu menciptakan pandangan yang positif, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Apalagi saat ini ditengarai anak remaja putri usia kelas 3 SD banyak yang telah datang bulan sehingga perlu pendampingan.”Dengan memberi materi kesehatan  dan reproduksi bagi remaja kami berharap remaja putri LDII menjadi generasi yang islami, sehat dan berpretasi di masa depan,”imbuh Gunardi yang juga purnawirawan perwira Sat Intelkam Polres Kebumen .

Komper Wardopo