blank
Tanggul sungai Jawik Pladen yang kembali jebol. Foto:tangkapan layar

KUDUS (SUARABARU.ID) – Tanggul sungai yang berada di Dukuh Jawik, RT 2 RW 5, Desa Pladen, Jekulo, Kudus, kembali jebol, Jumat (18/2) siang. Akibatnya, sebanyak 65 rumah dilaporkan diterjang luapan air sungai yang limpas akibat jebolnya tanggul.

Informasi dari BPBD Kudus menyebutkan, tanggul jebol sepanjang sekitar 2- 3 meter tereebut diakibatkan terus meningkatnya debit air sungai akibat tingginya intensitas hujan yang turun sejak pagi hingga siang

“Hujan yang terus mengguyur hampir semua wilayah di Kudus membuat debit air sungai naik dan berakibat satu titik tanggul jebol,” kata Rinardi Budiyarto, Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus.

Air yang limpas langsung meluber ke ruas jalan hingga masuk ke rumah-rumah penduduk. Beruntung tak ada korban jiwa salam kejadian tersebut.

Menurut Rinaldi, tim relawan BPBD dengan dibantu personel kepolisian dan TNI sudah diterjunkan ke lokasi. Tanggul yang jebol kemudian ditambal secara darurat dengan menggunakan material hebel dan tanah.

“Untuk penanganan darurat, tanggul yang jebol ditambal dengan material seadanya,”katanya.

Tanggul sungai di Dukuh Jawik sendiri merupakan salah satu tanggul yang rawan jebol.

Sebelumnya, puluhan rumah di dukuh tersebut juga kena banjir limpasan pada pertengahan Januari lalu. Banjir limpasan, lagi-lagi disebabkan jebolnya tanggul sungai desa tersebut.

“Namun kali ini jebolnya lebih pendek yakni sekitar dua sampai tiga meter saja. Sementara kemarin lebih dari lima meter,” kata Rinardi.