blank
Personel TRC dari BPBD Kabupaten Wonogiri, Sabtu malam (12/2), melakukan tindakan darurat penanganan pohon tumbang melintang jalan.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bencana alam angin kencang disertai hujan deras, menyebabkan pohon-pohon pada bertumbangan dan sebagian roboh melintang jalan. Yakni di ruas jalan antarprovinsi Wonogiri (Jateng)-Pacitan (Jatim).

Lokasi pohon tumbang melintang jalan, berada di ruas jalur Gunung Pegat, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri. Berada di sekitar Kilometer 24 Wonogiri-Pacitan.

Warga menuturkan, angin kencang datang bersamaan dengan hujan deras. Membuat warga panik dan berupaya menyelamatkan diri. Tidak ada korban jiwa maupun luka, juga tidak merusak rumah warga.

Tapi ada Pohon Jati (Tectona grandis L.f), serta Pohon Sonokeling (Dalbergia latifolia), yang tumbang melintang jalan di ruas Gunung Pegat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, Minggu (13/2), menyatakan, tumbangnya Pohon Jati dan Pohon Sonokeling tersebut, juga berdampak memutuskan jaringan kawat listrik penerangan jalan dan kabel telepon.

”Kejadiannya berlangsung Sabtu petang (12/2) kemarin, dan sudah langsung tertangani,” jelasnya. Untuk mengantisipasinya, Tim Reaksi Cepat (TRC) Siaga Bencana BPBD Kabupaten Wonogiri, segera mendatangi lokasi untuk melakukan penanganan.

Yakni memotongi pohon yang tumbang melintang jalan, untuk disingkirkan ke tepi jalan, sebagai upaya darurat melancarkan kembali arus lalu lintas.

Juga menyingkirkan jaringan kawat listrik dan kabel telepon yang putus, agar tidak mengganggu kelancaran para pengguna jalan. Itu dilakukan sampai malam hari, dengan bantuan penerangan lampu sorot.

Bambang Pur