blank
RATA TANAH - Akibat tanah bergerak sebuah rumah rata dengan tanah. (foto: dok/ist)

SLAWI (SUARABARU.ID) – Akibat hujan dengan intensitas tinggi membuat tanah bergerak di Desa Dermasuci, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal mengakibatkan 87 rumah mengalami rusak berat dan ringan. Lima rumah di antaranya rata dengan tanah.

Selain rumah, beberapa tiang listrik roboh dan jalan penghubung mengalami kerusakan parah hingga tidak bisa dilalui kendaraan. “Penyebab tanah bergerak berawal dari hujan intensitas tinggi pada Jumat (11/2/2022) dari sore hari hingga dini hari mengakibatkan pada Sabtu (12/2/2022) sekitar pukul 01.00 WIB terjadi tanah bergerak yang mengakibatkan 87 rumah warga rusak,” kata Kapolsek Pangkah AKP Awan Agus Setijono Sabtu (11/2/2022).

blank
EVAKUASI – Petugas mengevakuasi barang-barang milik warga. (foto: dok/ist)

AKP Awan menjelaskan, dari 87 yang mengalami rusak sedang (40), rusak sedang (15), rusak berat (27) dan rata dengan tanah (5) rumah. Petugas dari TNI- Polri, BPBD, PMI bersama Dinas terkait berada di lokasi membantu evakuasi barang-barang milik warga. Nama-nama pemilik rumah masih dalam pendataan.

“Karena akses jalan penghubung antar RW terputus amblas dibeberapa titik, kendaraan agak kesulitan mengevakuasi barang-barang milik warga yang masih bisa diamankan,” ujar AKP Awan.

Titik pengungsian kata AKP Awan ada dua lokasi yakni di Balai Desa Dermasuci dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). “Tidak ada korban jiwa dalam persitiwa tersebut, jumlah korban maupun kerugian masih dalam pendataan,” pungkas AKP Awan.

Nino Moebi