blank
Seorang siswa menahan rasa takut untuk mendapatkan suntikan vaksin dari tim vaksinator. Foto: Ist

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Tiga ribu dosis menjadi target vaksinasi Badan Intelijen Daerah Jawa Tengah di Kabupaten Grobogan.

Vaksinasi yang berlangsung Kamis (10/2/2022) ini juga bersamaan waktunya dengan vaksinasi massal bagi anak usia 6-11 tahun dan masyarakat umum digelar secara serentak di 12 wilayah di Kabupaten / Kota di Jawa Tengah. Target para peserta vaksin di 12 wilayah sebanyak 16ribu dosis, termasuk Grobogan 3 ribu sasaran.

“Wilayah pelaksanaan vaksinasi ini meliputi, Kabupaten Sukoharjo, Boyolali, Rembang, Pati, Demak, Grobogan, Kendal, Brebes, Pemalang, Banyumas, Wonosobo,dan Kota Magelang,” terang Kepala BIN Daerah (Binda) Jawa Tengah Brigjen TNI Sondi Siswanto.

Di Kabupaten Grobogan, pelaksanaan vaksinasi digelar di SDN 1 Grabangan, Kecamatan Kradenan.

Para pelajar mengaku senang dengan pelaksanaan vaksinasi massal ini.

Putri, misalnya. Pelajar usia kelas 5 SD ini mengaku mendapatkan vaksin agar tercegah dari berbagai macam varian virus seperti covid-19 atau Omicron. “Senang dapat vaksin. Semoga saya selalu sehat,” ungkap Putri.

Sementara itu, Sutrisno Guru SD, Grabagan, Kecamatan Krandenan mengucapkan terima kasih pada pemerintah melalui BIN atas terselenggaranya vaksinasi ini.

“Semoga vaksinasi ini, dapat bermanfaat bagi putra putri didik kami, harapanya pandemi covid-19 segera berakhir,” ujar Sutrisno.

Dalam pelaksanaan vaksinasi ini, vaksin Sinovac dikhususkan untuk anak atau pelajar.

Selain menyasar kepada para pelajar, pelaksanaan vaksinasi ini juga menyasar pada masyarakat umum secara door to door.

Vaksinasi booster juga terlaksana di wilayah Kabupaten Grobogan dengan sasaran masyarakat  yang sudah melaksanakan vaksinasi tahap 2.

Brigjen Sondi Siswanto menjelaskan, BIN bekerja sama dengan Puskesmas Kradenan untuk pelaksanaan vaksinasi massal.

“Total,  pelaksanaan vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun meliputi, Kabupaten Sukoharjo, Rembang, Pati, Demak, Grobogan, Kendal, Brebes, Pemalang, Banyumas, Wonosobo, dan Magelang dengan target 10 ribu dosis,” ungkap Sondi Siswamto

Sedangkan vaksin booster di Kabupaten Sukoharjo, Pati, Demak, Grobogan, Brebes, Pemalang, Wonosobo,dan Kota Magelang dengan target 3.500 orang tervaksinasi.

Brigjen TNI Sondi Siswanto juga mengatakan meski gejala covid-19 Omicron terbilang ringan, tetapi angka penularan yang tinggi memicu kekhawatiran pemerintah.

“Pelaksanaan vaksinasi massal ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo mengenai langkah dan upaya pemerintah Indonesia menghadapi virus omicron atau pandemi covid-19,” tambahnya.

Tya Wiedya