blank
Mahasiswa Unimma berfoto bersama BUMDes Sonorejo, Candimulyo. Foto: ist

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) melakukan pengabdian pada masyarakat terpadu (PPMT) di Desa Sonorejo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang. “Pengabdian masyarakat itu dilakukan selama sekitar satu setengah bulan, mulai November 2021 sampai 31 Januari 2022,” jelas dosen pembimbing Dr Barkah Susanto SE MSc Ak, hari ini.

Disebutkan, kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Unimma itu membantu pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Sonorejo, Kecamatan Candimulyo.

Kegiatan itu dilakukan bersama ketua BUMDes dan anggotanya, serta melibatkan pendamping desa, perangkat desa, dan juga masyarakat desa. Di mana kegiatan tersebut telah disetujui oleh kepala desa setempat.

Kegiatan pengabdian masyarakat di desa itupesertanya lima mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Unimma yang terdiri Lidya Sahira Atiqoh, Khofifa Lailatul Salamah, Elifa Fenny Rahayu, Iffatul Farida, dan Ataj Amiratul Aida.

Menurut dosen pembimbing,
pendirian BUMDes desa itu dilakukan agar berbadan hukum. Sehingga dibutuhkan berbagai berkas seperti berita acara, peraturan desa (Perdes), AD/ART, dan program kerja.
Sehubungan dengan hal tersebut, kata dia, maka kelompok PPMT Unimma melakukan pendampingan kepada ketua dan anggota BUMDes.

Selebihnya dijelaskan oleh dosen pembimbing lapangan, Dr Barkah Susanto SE MSc Ak, pendampingan yang dilakukan terutama dalam pembuatan laporan-laporan yang diperlukan agar BUMDes bisa berbadan hukum. Program kerja dari BUMDes Mekar Sari Desa Sonorejo antara lain bidang pertanian, simpan pinjam, sewa alat diesel dan molen, dan juga jual beli gas LPG.

Diharapkan dengan adanya kontribusi dari kegiatan PPMT Unimma itu membantu pendirian badan usaha milik desa yang berbadan hukum, sehingga dapat meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan investasi dengan pemanfaatan sumber daya, meningkatkan pengolahan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mendapatkan jasa pelayanan yang lebih mudah, dan mendapat kesejahretaan lainnya.
Kegiatan PPMT Unimma itu dilakukan dengan sosialisasi, pendampingan, serta monitoring evaluasi.

“Program PPMT Unimma ini dapat memberikan banyak pelajaran, pengalaman, dan wawasan bagi warga, juga bagi mahasiswa Unimma yang diperoleh di luar kampus,” jelas Dr Barkah Susanto.

Eko Priyono