blank
Peserta Rakernas Siwo PWI melakukan foto bersama, usai acara pembukaan yang dilakukan Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari, di Hotel D'blitz, Kendari, Sul;awesi Tenggara, Senin (7/2/2022). Foto: spr

KENDARI (SUARABARU.ID)– Ketua PWI Pusat, Atal S Depari mengatakan, Seksi Wartawan Olahraga (Siwo), merupakan sebuah organisasi besar, yang meski dalam struktur organisasi PWI hanya tercantum sebagai seksi.

Itulah sebabnya, PWI Pusat, minta Siwo dimana pun berada, tetap eksis dan profesional dalam manajemen organisasi, maupun soal penulisan.

Hal itu seperti disampaikan Atal, ketika membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI se-Indonesia, di D’blitz Hotel, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (7/2/2022). Disampaikan pula, di tengah era digitalisasi yang terus meningkat, perlunya wartawan olahraga menggali potensi apa pun.

BACA JUGA: Mahasiswa Unimma Lakukan Pemberdayaan Perempuan

”Tidak hanya masalah penulisan berita olahraga, namun juga mampu melakukan pekerjaan di bidang lain. Zaman sekarang, wartawan olahraga tidak hanya mampu membuat liputan olahraga saja, namun perlunya memiliki keahlian yang lain,” kata Atal dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Indonesia (KOI), Radja Sapta Oktohari, melalui penyampaian virtual menegaskan, pihaknya akan duduk bareng bersama Siwo, untuk olahraga Indonesia.

Menurut dia, kehadiran Siwo PWI dalam dunia olahraga sangat vital. Sebab, tanpa wartawan olahraga maka even olahraga tidaklah lengkap.

BACA JUGA: Rakernas Siwo PWI Bahas Lima Agenda Penting

”Setelah ini saya akan duduk bersama dengan Siwo, untuk membicarakan kemungkinan kerja bareng, dalam kaitannya dengan olahraga internasional,” ujar dia.

Ini dianggap penting, karena akhir-akhir ini, banyak even olahraga internasional berlangsung di Tanah Air, maupun keikutsertaan Indonesia di even internasional.

Beberapa even itu antara lain, SEA Games, Asian Games, Moto GP, dan beberapa cabang olahraga lainnya. ”Semoga semuanya bisa berjalan lancar,” ungkap Okto.

BACA JUGA: Kematian Rayan Yang Jatuh ke Sumur di Maroko Undang Simpati Dunia

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Siwo PWI Pusat, Gungde Ariwangsa melalui sambutan virtual, memberikan apresiasinya terhadap tuan rumah Siwo Sultra dan unsur pemerintah daerah, yang memasilitasi penyelenggaraan Rakernas ini.

Dia berharap, ajang Rakernas terjadi kesamaan tujuan, dan menghasilkan sasaran yang tepat. Rakernas sendiri digelar Senin-Rabu (7-9/2/2022) ini, diikuti seluruh Siwo se-Indonesia, dengan agenda membahas laporan kerja Siwo PWI Pusat 2021 dan proyeksi 2022.

Agenda lainnya yakni, paparan kesiapan Jatim sebagai tuan rumah Porwanas 2022, penyampaian sinegritas Kemenpora dan Siwo PWI oleh Deputi IV Kemenpora Chandra Bhakti, serta penyerahan penghargaan Inisiator Olahraga Siwo PWI 2022 serta penajaman Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), oleh Menpora Zainudin Amali.

Sigit PR-Riyan