blank
Runtuhnya rumah kakek renta disamping karena hujan deras juga dipicu oleh kondisi bangunan yang sudah tua atau lapuk

JEPARA (SUARABARU.ID) – Hujan yang turun terus menerus sepangjang hari Minggu (6/2-2022) membuat rumah Syeh Muhammad Nawawi, 82 tahun yang tinggal  di RT 16 RW 02 Desa Pulo Darat  Kec. Pecangaan Kab. Jepara, roboh.

Ajaib, kakek renta ini hanya terluka ringan walaupun tubuhnya  tertimpa reruntuhan bangunan teras depan. Juga Kholig 55 tahun, warga Desa Pancur yang yang tinggal bersama.

Keduanya seusai shalat maghrib  di mushala masuk rumah. Namun mereka mendengar atap rumah berderak akan roboh. Dengan bergegas mereka keluar. Namun baru sampai teras atap rumah telah roboh dan menimpa mereka.

Runtuhnya rumah kakek renta yang terjadi jam 19.15 WIB disamping karena hujan deras juga dipicu oleh kondisi bangunan yang sudah tua atau lapuk. Tetangga yang semalam berdatangan untuk menolong Syeh Muhammad Nawawi dan Kholiq  terkejut dan bersyukur, karena sesepuh padukuhan tersebut hanya terluka.

BACA JUGA Tingkatkan Literasi, KKN UNISNU Desa Krapyak Dirikan Pojok Baca

Kini Syeh Nawawi untuk sementara waktu tinggal dirumah tetangga. Masyarakat pagi ini bergotong royong membersihkan material runtuhan bangunan rumah Syeh Nawawi. Kerugian ditaksir mencapai Rp. 20 juta.

Kalak BPBD Jepara, Drs Noor Isdiyanto mengimbau kepada warga masyarakat untuk hati-hati dan waspada menghadapi musim penghujan ini. “Ada sejumlah potensi bencana yang  sering terjadi seperti rumah roboh, pohon tumbang, tanah longsor dan banjir,” ujarnya.

Hadepe – Arwin Noor Isdiyanto