kapolres Magelang Kota
Dua orang bintara Polres Magelang Kota memanggul mantan Kapolres Magelang Kota, AKBP Asep Mauludin yang pindah tugas ke Polres Boyolali. Foto: Yon

MAGELANG, (SUARABARU.ID)- AKBP Yolanda Evelyn Sebayang membuat sejarah baru dalam tubuh Polres Magelang Kota.  Yakni, kapolres perempuan pertama di Polres Magelang Kota.

Mantan perwira menengah Polda Jateng ini menggantikan pejabat lama AKBP Asep Mauludin yang pindah tugas menjadi Kapolres Boyolali. Sebelumnya, Asep Mauludin menjabat sebagai Kapolres Magelang Kota selama tujuh bulan.

Upacara pisah sambut Kapolres Magelang Kota tersebut dilaksanakan pada Kamis ( 3/2/2022), atau sehari setelah serahterima jabatan yang dilaksanakan di Polda Jateng, Rabu ( 2/2/2022).

Kapolres Magelang Kota, AKBP Yolanda Evelyn Sebayang kepada wartawan  mengatakan, kehadirnya di Kota Magelang  bisa memberikan berkat bagi  semuanya. Yakni, untuk Polres Magelang Kota dan seluruh masyarakat yang ada di Kota Magelang.

Kapolres perempuan
AKBP Yolanda Evalyn Sebayang, perempuan pertama yang menjabat Kapolres Magelang Kota. Foto: Yon

Ia berharap, seluruh lapisan masyarakat bisa bekerjasama  tidak hanya di bidang kamtibmas saja, melainkan juga di bidang lainnya. Seperti, permasalahan covid-19 dan  ekonomi bisa ditangani secara bersamaan.

“Kami berharap, semua lapisan masyarakat Kota Magelang agar saling membahu, karena semua pekerjaan tersebut bukan hanya tugas polisi saja. Polisi hanya menjaga aturan saja,” ujar perempuan alumni Diploma tiga (D3)Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) angkatan 2021 ini.

Sementara  itu, pejabat lama AKP Asep Mauludin mengatakan,  selama tujuh bulan menjabat sebagai Kapolres Magelang Kota  mengaku terkesan dengan masyarakat Kota Magelang yang sangat ramah dan kotanya sangat indah.

“Masyarakat Kota Magelan sangat ramah-ramah dan kotanya sangat indah. Kondisi yang aman, nyaman tersebut sangat perlu dipertahankan,” katanya.

Ia berharap, masyarakat Kota Magelang bisa memberikan kontribusi yang positif terhadap kamtibmas yang ada di wilayah hokum Polres Magelang Kota ini.

Upacara penyambutan kapolres baru tersebut ditandai dengan tradisi pedang pora. Hal serupa  saat pelepasan AKBP Asep Mauludin dari halaman Mapolres Magelang.

Seusai tradisi pedang pora tersebut, Asep Mauludin bersama istri Lina Asep Mauludin menerima jabat tangan dari seluruh pejabat utama dan para perwira di Polres Magelang Kota.

Sebelum masuk ke dalam mobil pribadinya yang sudah siap menunggu di Jalan Alun-alun Selatan sisi barat. Seusai berjabat tangan dengan sejumlah perwira , Asep dipanggul oleh dua bintara Polres Magelang Kota hingga masuk ke dalam mobil pribadinya yang membawanya ke Polres Boyolali. Yon