blank
Personel sniper naik ke teras atas gedung, untuk memberikan peran dalam Sispam Mako di Polres Wonogiri yang diskenario diserbu para perusuh.
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Suara sirine terdengar meraung-raung, ditingkah bunyi lonceng bertalu-talu. Para personel Polres Wonogiri, langsung berhamburan memposisikan diri dalam siaga dengan senjata.

Mereka sigap mengantisipasi ancaman ‘serbuan’ perusuh yang datang dari arah empat penjuru mata angin. Untuk langkah pengamanan, pintu gerbang segera ditutup dan mendapat penjagaan.

Beberapa sniper bergegas naik ke atap teras gedung atas, untuk mengarahkan senjata laras panjangnya ke lokasi kedatangan para perusuh. Personel lainnya, berjaga di bawah dengan memposisikan pada sejumlah titik arah mata angin.

Kasi Humas Polres AKP Suwondo dan Kasubsi Penmas Humas Aiptu Iwan Sumarsono, menyatakan, jajaran POlres Wonogiri pimpinan Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto, Minggu (1/2), menggelar latihan sistem pengamanan markas komando (Sispam Mako).

Teknis pengamanan Mako dipimpin Kabag Ops Kompol Budiyono. Latihan ini melibatkan para Pejabat Utama (PJU) bersama para personel Polres lainnya. Dengan mendapatkan pengawasan langsung dari Wakapolres Kompol Kamiran.

Kesiapsiagaan


Kasubsi Penmas Aiptu Iwan Sumarsono, menambahkan, dalam skenarionya, Mapolres Wonogiri mendapatkan serbuan para perusuh. Berkat kesiapsigaan personel, serbuan perusuh dapat diatasi.
blank
Melalui isyarat pemanggilan darurat, para personel bintara muda Polres Wonogiri langsung siap siaga, untuk mengamankan Mako dari serbuan para perusuh.

Latihan pengamanan Mako ini, bertujuan untuk lebih meningkatkan kemampuan para anggota, dalam mengantisipasi penyerangan perusuh yang bertindak anarkis terhadap Mapolres Wonogiri.

Dengan latihan ini, para anggota akan menguasai teknik strategi untuk bersikap taktis dan cekatan dalam bertindak. Masing-masing personel, menjadi paham terhadap peran dan tanggung jawabnya, manakala terjadi ancaman sebagaimana yang diskenariokan.

Latihan Sispam Mako ini, diawali pukulan lonceng bertalu-talu oleh petugas jaga yang melibatkan personel Propam dan SPKT. Bunyi sirine dan lonceng, menjadi isyarat pemanggilan darurat dengan kategori luar biasa.

Sekaligus sebagai isyarat pemanggilan para anggota untuk siap siaga, berkumpul melakukan konsolidasi dan cepat bergerak secara taktis menuju lokasi masing-masing yang telah diplot. Untuk kemudian memberikan perannya dalam pengamanan Mako.

Latihan Sispam Mako ini berjalan sukses dan lancar. Berkaitan ini, Kapolres mengucapkan terima kasih kepada semua personel yang terlibat. Yang telah melaksanakan latihan dengan penuh semangat.
Bambang Pur