blank
Tahapan penghitungan suara berlangsung saat Pemilihan Ketua RT 01/RW 07 Madyorejo, Kelurahan Jetis, Sukoharjo. Hasilnya dimenangkan oleh Joko Sarjana, dengan memperoleh dukungan sebanyak 104 suara (58 persen) dari jumlah hadir.
SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Warga masyarakat Kampung (Lingkungan) Madyorejo RT 01/RW 07, Kelurahan Jetis, Kecamatan dan Kabupaten Sukoharjo, menggelar acara pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) dengan cara unik.

Ketua Panitia Pemilihan, Begug Suwarman, menyatakan, acara tersebut dilaksanakan Minggu (30/1). Diawali dengan gerak jalan sehat secara massal. Diteruskan makan bersama menu tradisional nasi bancakan yang terbungkus daun jati.

Suasana riang berlangsung, karena disajikan hiburan musik organ tunggal ‘Arsena Tungga Jaya,’ untuk mengiringi warga yang menyanyi maupun menampilkan beragam irama instrumentalia.

Selang setengah jam kemudian, digelar acara pemilihan Ketua RT yang dilaksanakan secara demokratis, berazaskan Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia, jujur dan adil (Luber Jurdil).
 
Kampanye di Medsos

Pemilihan dilaksanakan, Karena Ketua RT lama Rudy Setyohadi telah habis masa pengabdiannya. Untuk memaksimalkan partisipasi warga dalam pemilihan Ketua RT, sebelumnya dilakukan kampanye melalui medsos, yakni dengan mengunggah foto dan nama serta nomor urut calon di group WhatsAaap (WA).
blank
Sebanyak 181 dari 202 warga pemegang hak pilih, hadir dalam pemilihan Ketua RT 01/RW 07 Madyorejo, Kelurahan Jetis, Sukoharjo yang digelar secara Luber dan Jurdil.

Lapangan Mini Tenis Meja PUMA-20, dipakai untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ikut hadir, Lurah Jetis, Suyamto, Kepala Lingkungan (Kaling) Madyorejo, Kurniawan R, dan Ketua RW 07 Suryantoro bersama beberapa  sesepuh kampung.

Pemilihan diikuti 181 dari sebanyak 202 pemilih. Hasilnya, Joko Sarjana, memenangi pemilihan dengan memperoleh dukungan sebanyak 104 suara (58 persen) dari jumlah hadir.

Atas kemenangannnya ini, Joko Sarjana, ditetapkan menjadi Ketua RT 01/RW 07 yang baru untuk masa bhakti periode Tahun 2022-2025.

Bambang Pur