blank
Wakil Bupati Wonosobo M Albar ketika memwisuda lulusan Kejar Paket C di PKBM Prospek. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Waki Bupati Wonosobo M Albar mengatakan dalam rangka menyongsong kehidupan yang lebih baik, setiap orang dituntut melakukan langkah-langkah konkrit melalui berbagai tahapan menuju masa depan yang cerdas dan cemerlang.

“Salah satunya adalah dengan memiliki ijazah formal yang bisa dimanfaatkan sebagai modal dasar dalam mengarungi bahtera kehidupan di masa yang akan datang. Ijazah formal sangat penting bagi siapun,” tegasnya.

Demikian dikatakan Wakil Bupati Wonosobo M Albar saat menghadiri acara wisuda pendidikan kesetaraan Paket A, B, dan C PKBM Prospek Wonosobo tahun ajaran 2020/2021, di Kampus PKBM di Fesa Gondang Watumalang Wonosobo, Kamis (20/1/2022).

“Menyongsong kehidupan yang lebik baik itu melalui tahapan-tahapan yang harus dilakukan, di antaranya memiliki ijazah formal yang bisa dimanfaatkan untuk mengarungi bahtera kehidupan di masa depan,” ucap dia.

Dikatakan Gus Albar, terkait masalah pendidikan, Pemkab Wonosobo sangat serius dalam menyikapinya. Salah satunya dengan program “Wonosobo Pinter” yang merupakan salah satu program unggulan pemerintah daerah setempat.

Salah satu intinya, menurut dia, adalah untuk mengentaskan dunia pendidikan dengan baik dengan tujuan
melahirkan generasi SDM yang baik pula. Sehingga pembangunan Wonosobo ke depan semakin baik dan maju.

“Manfaatnya bisa dirasakan seluruh masyarakat sendiri bahkan bisa berdampak lebih luas lagi. Kondisi pendidikan yang baik sangat berpengaruh bagi kemajuan sebuah daerah,” tegasnya.

Terus Sekolah

blank
Direktur PKBM Prospek Wonosobo Ahmad Mukholis ketika memberikan sambutan. Foto : SB/Muharno Zarka

Dikatakan, semua pihak harus benar-benar konsentrasi terhadap pendidikan. Program unggulan “Wonosobo Pinter”, salah satu isinya adalah mengentaskan dunia pendidikan dengan baik.

“Tidak ada lagi anak-anak yang tidak sekolah. Tidak ada lagi masyarakat yang secara jenjang pendidikan tidak mempunyai ijazah,” ujar Wakil Bupati yang pernah berprofesi sebagai guru MTs Ma’arif Kejajar itu.

Jika itu bisa dilakukan, tambahnya, insya Allah dunia pendidikan di Wonosobo akan semakin baik dan maju. Karena SDM yang sudah bagus, akan membawa Wonosobo akan semakin sejahtera dan jaya. Sehingga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat.

Selain mengucapkan terima kasih kepada PKBM Prospek yang telah memberikan segalanya dalam membantu perkembangan dunia pendidikan di Wonosobo melalui jalurnya, Wabup juga mengajak kepada para wisudawan tidak berhenti sampai di sini dalam hal belajar.

Namun diharapkan melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Direktur PKBM Prospek Ahmad Mukholis perlu ditiru karena menempuh pendidikan sampai S3 (doktor) meski dulu hanya lulusan Kejar Paket C.

“Ini sudah jaman modern yang menuntut siapapun untuk terus meningkatkan SDM. Sehingga saya berharap tidak hanya berhenti disini saja namun setelah ini bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya,” ajak Wabup.

Sementara itu, Direktur PKBM Prospek Wonosobo Ahmad Mukholis menyampaikan, pada tahun pembelanjaran 2021 ini telah meluluskan Kejar Paket C (SMA) sebanyak 255 siswa dari 334 siswa terdaftar, Kejar Paket B (SMP) 230 siswa yang mengikuti ujian dan dinyatakan lulus sebanyak 138 siswa. Sedangkan untuk Kejar Paket A (SD) ada 1 siswa.

“Total jumlah siswa lulus pada tahun pelajaran 2020/2021 adalah 140 dan 255. Namun yang mengikuti wisuda hanya 50 peserta. Karena ada pembatasan di masa pandemi global Covid-19 dan hanya perwakilan wisudawan,” terangnya.

Muharno Zarka