blank
Akun medsos Startup Island Karimunjawa dari PT Levels Hotel Indonesia

JEPARA ( SUARABARU.ID) – Proyek Stratup Island Karimunjawa dari PT Levels Hotel Indonesia yang ditawarkan melalui iklan The Startup Island  dan telah mulai dilakukan pembangunannya diatas tanah seluas 3,5 ha di RT 02/RW 03  Desa Kemujan, Karimunjawa ternyata belum mengantongi ijin.

blank
Startup Island Karimunjawa dari PT Levels Hotel Indonesia

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Jepara, Ary Bachtiar yang dihubungi SUARABARU.ID Minggu malam menjelaskan, yang dilakukan oleh Carlos De Ory Gordillo, Direktur PT  Levels Hotel Indonesia baru mengajukan permohonan Informasi Tata Ruang (ITR).

“Sudah diberitahukan kepada yang bersangkutan dalam ITR  bahwa dilokasi tersebut boleh dimanfaatkan untuk resort atau perumahan dengan tetap memperhatikan sempadan pantai.. Tetapi terkait dengan pembangunannya,  belum dilakukan proses perijinan,” ujar Ary Bachtiar.

BACA JUGA Viral WNA Jual Apartemen Tak Berijin di Karimunjawa, Pemkab Tak Boleh Tutup Mata

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jepara Farikhah Ellida yang dikonfirmasi SUARABARU.ID terkait dengan UKL – UPL  atau persetujuan lingkungan atas proyek Stratup Island Karimunjawa’ dari PT Levels Hotel Indonesia menjelaskan bahwa yang bersangkutan belum pernah mengajukan.

Sementara di system perijinan Online Single Submission (OSS) , menurut Kepala DPMPTSP Kabupaten Jepara Heri Yulianto, PT Levels Hotel Indonesia memiliki bidang usaha di Karimunjawa  Hotel Bintang dan Apartemen Hotel. Perusahaan ini telah mengantongi Nomor Induk Berusaha (NIB) yang dikeluarkan oleh BKPM, sebab yang bersangkutan adalah perusahaan  Penanaman Modal Asing yang bergerak di usaha perhotelan di Karimunjawa.

Dengan demikian, persetujuan lingkungan (ukl-upl/amdal) menjadi kewenangan pemerintah pusat (KLHK). Sedangkan PBG diajukan melalui sistem SIMBG milik Kementerian PUPR.

Menurut Heri Yulianto, menyusul kontroversi yang muncul akibat iklan The Startup Island, fihaknya merencanakan hari ini akan membicarakan dengan OPD terkait.

BACA JUGA Dapur Umum Mulai Layani 1.225 Warga Terdampak, Tembok MI Sumberejo Roboh

Sedangkan Ketua DPRD Jepara, Haizul Ma’arif  saat ditanya tentang kontroversi Proyek ‘Stratup Island Karimunjawa’ dari PT Levels Hotel Indonesia, menegaskan sudah menjadi kewajiban  bahwa semua investasi yang ingin mengembangkan usahanya di Jepara  harus memenuhi dan tunduk pada peraturan dan regulasi yang ada.

Hadepe