blank
Biro wisata Banyumas Raya berfoto bersama di Ketep Pass, Sawangan, Kabupaten Magelang, hari ini. Foto: ist

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Sebanyak 30 pelaku wisata Banyumas Raya yang tergabung dalam Perkumpulan Biro Perjalanan Wisata se- Karesidenan Banyumas (Pabenas), mengadakan musyawarah daerah (Musda) di Hotel Atria Kota Magelang. Usai musda dilanjutkan berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di Kota dan Kabupaten Magelang, Rabu (12/1/2022).

Dalam musda tersebut, Muhammad Kardio terpilih sebagai Ketua Pabenas Periode 2022 – 2026.

Kardio mengatakan, dia mengajak 30 owner biro wisata Banyumas Raya, yakni dari Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purwokerto, Purbalingga dan Banjarnegara. “Hari ini saya datang bersama 30 owner biro wisata Banyumas Raya. Semoga setelah kunjungan ini ada sebuah komitmen bersama antara kami dan pelaku wisata di Magelang,” katanya.

Ketika berada di Ketep Pass, Pabenas dan Direktur Badan Pengelola Objek Wisata (BPOW) Ketep Pass, Mul Budi Santoso, menjalin kerja sama yang dituangkan dalam sebuah MoU. Salah satu isinya, Pabenas akan membawa wisatawan ke Ketep Pass. Sebaliknya, BPOW Ketep Pass akan memberikan harga khusus bagi anggota Pabenas. “Terima kasih Pabenas. Melalui silaturahmi seperti ini, banyak hal yang kita dapatkan. Tentunya hal-hal saling menguntungkan,” kata Mul Budi Santoso.

Sementara Kepala Bidang Promosi dan Kelembagaan, Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang, Gunawan Andi Prihananta, mengucapkan selamat atas Musda Pabenas yang dilanjutkan funtrip keliling destinasi di Kota dan Kabupaten Magelang. “Kami menyambut baik kegiatan seperti ini, saling menguntungkan kedua belah pihak. Tentu kami berharap setelah ini akan ada peningkatan wisatawan dari Banyumas Raya ke Magelang,” harapnya.

Disampaikan, jika mau explore ke Magelang, dibutuhkan tiga hingga empat hari. Karena Kabupaten Magelang memiliki berbagai tujuan wisata. “Hanya laut yang tidak kami miliki. Namun kami ada wisata rafting di Sungai Elo dan Progo sebagai gantinya. Kelebihannya, kami dikelilingi enam gunung. Meliputi Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Sumbing dan Perbukitan Menoreh. Semua memiliki keindahan dan keunikan sendiri-sendiri. Jadi kalau mau explore ke Magelang, tidak cukup satu hari, tapi tiga hingga empat hari,” jelasnya.

Selain ke Ketep Pass, rombongan Pabenas juga mengunjungi Museum BPK, Taman Kelinci Desa Bahasa, Taman Wisata Candi Borobudur, Museum Samudera Raksa dan ke Svargabumi.

Eko Priyono