blank
Truck yang mengalami kecelakaan di jalur maut Reco-Kertek Wonosobo. Foto : SB/dok

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sebuah kecelakaan maut di jalur tengkorak Kertek Wonosobo-Kledung Temanggung, tepatnya di jalan raya Prumbanan Purwojati Kertek, terjadi Jumat (7/1/2022) sekitar pukul 02.30 WIB dini hari.

Kecelakaan yang tergolong berat itu, melibatkan tiga mobil truk. Yakni truk Hino Nopol B-9799-TXT yang dikemudikan Darmadi, (40), truk Isuzu Nopol K-8922-TK0 dikendarai Sutikno (43) dan truk Mitsubishi Nopol D-8735-YE dibawa Tarsim (43).

Kapolres Wonosobo AKBP Ganang Nugroho Widhi SIK MT melalui Kasatlantas AKP Sugito SH melaporkan dalam kejadian tersebut 2 orang meninggal dunia dan 1 orang mengalami luka ringan.

“Korban meninggal dunia, yakni Tarsim (43) asal Pangandaran Jawa Barat merupakan sopir truk Mitsubisi dan Yaya Sunarya (46) warga Pangandaran salah satu penumpang truk,” terangnya.

Keduanya meninggal dunia karena mengalami luka cukup serius dan sempat tak sadarnya diri. Korban meninggal dunia sesaat setelah mendapat perawatan medis di RS PKU Muhammadiyah.

Masuk Parit

blank
Kondisi truck yang mengalami kecelakaan di jalur maut Reco-Kertek Wonosobo. Foto : SB/dok

Adapun pengemudi truk Hino, Darmadi warga Indramayu dan Sutikno sopir truk Isuzu asal Kudus hanya mengalami luka ringan. Dalam kecelakaan tersebut kerugian ditaksir mencapai Rp 15 juta lebih pada kerusakan bodi truk.

Kronologis kejadian, menurut Kasatlantas,
truk Hino yang dikemudikan Darmadi melaju kencang dari arah Reco Parakan Temanggung menuju arah Kertek Wonosobo.

“Menjelang lokasi kejadian ketika melewati jalan beraspal sedikit menikung ke kiri, dua jalur, malam hari dan arus lalin sepi, sopir tidak memperhatikan truk Isuzu yang dibawa Sutikno yang melaju searah di depannya,” terang dia.

Truk Hino lalu, kisahnya, oleng ke kanan dan mengenai truk Mitsubishi yang dikemudikan Tarsim berpenumpang Yaya Sunarya yang melaju dari arah berlawanan, karena jarak sudah dekat sehingga terjadi benturan.

“Setelah membentur truk Mitsubishi, truk Hino oleng ke kiri lalu masuk ke parit. Akibat kejadian tersebut kendaraan yang terlibat kecelakaan mengalami kerusakan karena terperosok ke parit,” tandasnya.

Muharno Zarka