Bupati, Kepala Dinas Sosial PPPA Blora, Baznas datangi korban kebakaran di Jalan Kapuas Kelurahan Kedungjenar.

BLORA (SUARABARU.ID) – Kebakaran hebat yang menghabiskan satu rumah berbahan kayu jati kualitas unggul pada Kamis siang (06/01/2022) sekira pukul 14.00 WIB kemarin di Kelurahan Kedungjenar, Kabupaten Blora, mengundang keprihatinan bersama. Tak terkecuali Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si.

Keesokan harinya, Jumat pagi (07/01/2022), Bupati H. Arief usai bersepeda langsung mengajak Baznas, Dinas Sosial PPPA Blora, Camat, Lurah, dan TNI Polri untuk hadir bersama memberikan bantuan kepada korban kebakaran. Yakni keluarga Joko Suwito, di Jalan Kapuas nomor 26B, Kedungjenar, Blora.

Secara simbolis, Bupati Blora menyerahkan santunan dari Baznas Blora sebesar Rp7,5juta, dan beberapa bantuan peralatan rumah tangga, peralatan dapur, dan lainnya dari Dinas Sosial PPPA Kabupaten Blora. Bupati juga sempat melihat langsung puing – puing sisa kebakaran berupa balok meja kayu jati tebal yang masih berbentuk persegi hitam, dan bangkai sepeda motor yang hangus terbakar.

“Yang sabar nggih Pak Joko. Musibah memang tidak bisa kita prediksi. Semoga bantuan ini bisa sedikit mengurangi beban yang ada. Kita semuanya berdoa semoga jenengan sekeluarga diberikan kesabaran dan semoga nanti rumahnya bisa dibangun kembali,” ungkap Bupati H. Arief.

Pihaknya juga meminta dinas terkait bersama kelurahan, TNI, Polri untuk membantu membersihkan puing – puing sisa kebakaran setelah dilakukan olah TKP oleh Kepolisian Resor (Polres) Blora dalam rangka menyelidiki penyebab kebakaran tersebut.

“Ya, kerja bhakti perlu kita lakukan. TNI Polri dan dinas terkait siap untuk membantu,” tambah Bupati yang akrab disapa Mas Arief ini.

Sementara itu, Joko Suwito sebagai pemilik rumah menyampaikan bahwa kejadian kebakaran itu berlangsung sangat cepat pada Kamis siang kemarin.

“Saat ini sekitar pukul dua siang, saya keluar untuk beli Hape. Tidak ada firasat apapun, begitu pulang rumah sudah terbakar. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Istri dan cucu saya yang di rumah berhasil menyelamatkan diri,” ucap Joko Suwito.

“Untuk barang – barang, yang berhasil diselamatkan hanya satu mobil dan satu vespa saja. Surat-surat berharga juga ludes, perabotan rumah tangga juga hangus. Bangunan rumah hanya tersisa toko bagian utara karena berdinding tembok. Sedangkan rumah induk dari kayu jati hangus semua,” terang Joko.

“Syukurnya kebakaran tidak sampai merembet ke rumah tetangga karena segera dihalau oleh pemadam kebakaran kemarin siang,” tambah Joko Suwito.

Joko Suwito yang merupakan pensiunan Samsat Blora ini pun mengucapkan terimakasih kepada Bupati H. Arief dan jajarannya yang telah hadir langsung memberikan bantuan dan dukungan doa untuk keluarganya.

“Terimakasih banyak Pak Bupati atas kehadirannya bersama Baznas, Dinas Sosial dan lainnya. Ini kami masih menunggu proses penyelidikan dari kepolisian untuk menjawab apa sebenarnya penyebab kebakaran,” pungkas Joko.

Hingga saat ini, tampak masih ada beberapa warga sekitar yang datang untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada keluarga Joko Suwito di Jalan Kapuas
Kelurahan Kedungjenar, Kabupaten Blora,.

Kudnadi