blank
Alfeandra Dewangga (28), saat melepaskan sepakan dengan kaki kirinya ke arah gawang lawan. Sayang tendangannya melambung tinggi. Foto: screenshot

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Timnas Indonesia seolah tak berdaya tampil dihadapan para pemain Thailand, di babak final Piala AFF 2020 leg I, yang dimainkan di National Singapore Stadium, Rabu (29/12/2021).

Bermain selama 90 menit, tak ada satu pun gol yang mampu dilesakkan ke gawang tim Gajah Putih. Sebaliknya, gawang Timnas yang dijaga Nadeo Argawinata, jebol sebanyak empat kali. Empat gol Thailand masing-masing dihasilkan Chanathip Songkrasin menit 2 dan 52, Suphachok Sarachat (67), dan Bordin Phala (83).

Kesebelasan Thailand yang dilatih Alexandre Polking, sebelumnya memang mengincar gelar Piala AFF untuk yang keenam kalinya. Dan hal itu dibuktikannya dengan gol cepat di awal laga.

BACA JUGA: Terjadi Peningkatan Konsumsi BBM, Elpiji, dan Avtur Pada Hari Raya Natal 2021

Kombinasi umpan-umpan pendek cepat yang diperagakan Terasil Dangda dkk, tak mampu dihadang barisan pertahanan Indonesia. Gelombang serangan yang datang terus menerus membuat anak-anak asuh Shin Tae-yong seakan tak bisa bernafas.

Serangan sporadis yang dibangun Asnawi Mangkualam dkk mulai dari lini belakang, seolah tiada hasil. Meski sempat pula Alfeandra Dewangga mengancam gawang lawan, namun peluang itu terbuang.

Di sisa waktu yang ada, Indonesia bermain separuh lapangan. Semua lini dikuasi tim lawan. Masuknya Egy Maulana Vikri, Evan Dimas maupun Elkan Baggott, tak mampu mengangkat tim untuk bangkit dan mencetak gol. Hingga wasit asal Arab Saudi meniup peluit akhir, skor 4-0 untuk kemenangan Thailand mengakhir laga.

Seperti yang sudah dijadwalkan sebelumnya, laga leg II baru akan dimainkan Sabtu (1/1/2022) mendatang, di tempat yang sama.

Riyan