ORIENTASI - Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS memberikan materi saat acara orientasi wartawan di Pelantikan PWI Kabupaten Tegal. (foto: nino moebi)

SLAWI (SUARABARU.ID) – Setelah tertunda akibat pandemi Covid-19, akhirnya kepengurusan Persatuan wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tegal Periode Tahun 2020-2023 dilantik di Gedung C Komplek Pemerintah Kabupaten Tegal, Senin (27/12/2021).

Kepengurusan PWI Kabupaten Tegal dilantik oleh Ketua PWI Jawa Tengah Amir Machmud NS disaksikan jajaran PWI Jateng lainnya, Kepala Diskominfo Kabupaten Tegal, Bambang K Aribawa, Kasi Humas Polres Tegal, AKP Supratman, Ketua PWI Kota Tegal M Saehun dan tamu undangan.

Selain pelantikan Pengurus PWI Kabupaten Tegal juga dilaksanakan Orientasi Wartawan yang diikuti 25 wartawan dari berbagai media. Puluhan wartawan mendapatkan materi dan pencerahan terkait media dari para nara sumber PWI Jateng, Amir Machmud NS, Solikun, Iwan Kelana dan Ade Usman.

Kepala Diskominfo Kabupaten Tegal, Bambang K Aribawa mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tegal sangat mendukung kegiatan tersebut karena di era kemerdekaan pers, wartawan dituntut untuk lebih profesional dan memiliki kearifan dalam setiap pemberitaan.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS pada orientasi wartawan menyampaikan beberapa hal tentang kode etik jurnalistik, kearifan sikap dalam bermedia, bijak dalam menyaring informasi (pemberitaan) secara tepat untuk masyarakat, dan bisa menilai mana yang layak diberitakan atau tidak diberitakan.

“Termasuk bisa menjalankan tugas sebagai wartawan ataupun anggota PWI yang berintegras, jujur, amanah, dan tidak memanfaatkannya untuk kepentingan tertentu,” ujar Amir.

Amir Machmud berharap Ketua PWI Kabupaten Tegal dan anggota yang terpilih bisa menyosialisasikan apa itu PWI, ada apa saja di dalamnya, kode etik jurnalistik, mengampanyekan kearifan jurnalistik yang bermoral dan beretika untuk kemaslahatan masyarakat.

Terpisah, Ketua PWI Kabupaten Tegal, Dwi Ariadi mengatakan kegiatan tersebut merupakan momen penguatan organisasi, terutama dalam mewadahi anggota PWI Kabupaten Tegal.

Lebih lanjut Dwi menyampaikan jika PWI Kabupaten Tegal hanya sebagai pelaksana dan untuk perekrutan kewenangan ada di PWI Provinsi Jawa Tengah. Untuk persyaratan legal formal nanti ada seleksi penjaringan dari PWI Provinsi Jawa Tengah.

FOTO BERSAMA – Pengurus PWI Jateng berpose bersama pengurus PWI Kabupaten Tegal 2029-2023 (foto: nino moebi)

Pengurus PWI Kabupaten Tegal Periode 2020-2023 adalah Ketua Dwi Ariadi (ayotegal.com), Wakil Ketua Imam Teguh Supriyono (radartegal.com), Sekretaris M Fathurohman (Radar Tegal), Bendahara Cessnasari (Suara Merdeka). Seksi-seksi, Organisasi dan Pendidikan Dwi Putra Guntur (Suara Merdeka), Advokasi dan Pendidikan Yerri Noveli (Radar Tegal), Seni Budaya dan Olahraga Hermas Purwadi (Radar Tegal), Usaha dan Kesejahteraan Triono Saefulloh (panturapos.com),
Multimedia: Desta Laila Kartika (tribunjateng.com).

Nino Moebi