Ilustrasi longsor

KUDUS (SUARABARU.ID) – Bencana tanah longsor menerjang Dukuh Kambangan, Desa Menawan, Kecamatan Dawe Kudus, Senin (27/12)  malam. Dua rumah warga dilaporkan mengalami kerusakan akibat tertimpa material longsor

Kalakhar BPBD Kudus Budi Waluyo menyampaikan, longsor yang menimpa dua rumah terjadi saat hujan sedang pada Senin malam. Tebing setinggi 15 meter dan lebar 16 meter longsor usai wilayah tersebut di guyur hujan dengan intensitas hujan sedang dan lebat.

“Akibat curah hujan tinggi, tebing setinggi 15 meter longsor. Kebetulan ada dua rumah di belakang tebing yang tertimpa material longsor,”kata Budi, Selasa (28/12).

Dua rumah milik warga atas nama Sucipto dan Asvi Hani warga RT 3 RW 5 Dukuh Kambangan, Desa Menawan, rusak di bagian belakang.

“Tiga dinding kamar milik Bapak Sucipto jebol. Sementara satunya 1 dinding kamar Asvi Hani juga jebol,” jelasnya.

Beruntung dalam kejadian longsor tebing setinggi 15 meter tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Penghuni rumah berhasil selamat dari kejadian tersebut.

Kini BPBD Kudus bersama Relawan yang tergabung dalam FPRB Menawan melakukan penanganan membersihkan lokasi paska tebing longsor.

“Giat penanganan longsor dilakukan pagi karena kondisi cuaca dan lokasi saat malam hari yang masih rawan,” ungkapnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada, utamanya yang tinggal di wilayah rawan bencana longsor maupun banjir. “Pada saat hujan agar menjauh dari tebing,” tambahnya.

Tm-Ab