blank
Petugas berhasil mengevakuasi penemuan jenazah ke pinggir Sungai Serayu. Foto : SB/dok BPBD

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sesosok jenazah berjenis kelamin perempuan tanpa identitas kembali ditemukan di Sungai Serayu di Kampung Sidomulyo Leksono Wonosobo Jawa Tengah.

Jenazah yang diperkirakan berusia 50 tahun tersebut ditemukan warga yang sedang memancing di pinggir Sungai Serayu, Senin (27/12/2021), sekitar pukul 16.30 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD Wonosobo, Bambang Trie melaporkan, nama dan alamat korban belum diketahui. Karena saat jenazah ditemukan tidak ada identitas apapun. Ciri-ciri jenazah berambut panjang sebahu.

“Jenazah ditemukan oleh beberapa pemancing yang saat itu berada di sekitar tempat kejadian perkara (TKP). Pemancing saat itu dari kejauhan melihat benda yang tersangkut di batu di tengah sungai,” jelasnya.

Proses Evakuasi

blank
Jenazah selanjutnya dibawa ke RSUD KRT Soetjonegoro untuk dilakukan pemeriksaan. Foto : SB/dok BPBD

Dikisahkan Bambang, salah satu pemancing lalu mengambil gambar dari jauh dengan membesar gambar melaui zoom. Semula benda tersebut dikira binatang ternyata sesosok jenazah manusia.

“Kasus tersebut langsung dilaporkan ke aparat Kelurahan dan Polsek Leksono. Laporan penemuan jenazah diteruskan ke BPBD dan SAR Serayu untuk proses evakuasi selanjutnya,” ungkap dia.

Proses evakuasi jenazah pun langsung dilakukan relawan BPBD, SAR Serayu dan aparat kepolisian dibantu warga setempat. Evakuasi cepat ditempuh guna menghindari arus sungai semakin besar dan korban semakin jauh terbawa air.

“Saat ini telah dilakukan olah TKP dan visum oleh tim Inafis Polres Wonosobo maupun petugas medis dari
Puskesmas Leksono. Penyebab kematian korban masih diselidiki. Tubuh jenazah masih dalam kondisi utuh tanpa banyak luka,” terangnya.

Muharno Zarka