blank
MELANTIK - Wali Kota Tegal melantik Ketua dan pengurus Karang Taruna Kota Tegal masa bakti 2021-2024. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Karang Taruna Kota Tegal sempat mati suri dan tidak berjalan selama lima tahun terakhir. Kini dengan kepengurusan yang baru merencanakan program-program yang akan dilaksanakan dengan menggiatkan kegiatan-kegiatan yang ada di tiap Kelurahan se-Kota Tegal.

“Jadi kami akan membuat event-event kelurahan menjadi event tingkat Kota, dan jika sebelumnya kegiatan Karang Taruna lebih kepada kegiatan budaya, olahraga dan sosial masyarakat, kami akan menambahkan kegiatan yang bersifat ekonomi kreatif kedepan,” kata Ary Budi Wibowo usai dilantik menjadi Ketua Karang Taruna Kota Tegal masa bakti 2021-2024.

Ary berharap kedepannya para pembina-pembina fungsional Karang Taruna, seperti Dinas Sosial Kota Tegal, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal, Dinas Kepemudaan dan Olah Raga dan Pariwisata Kota Tegal, nantinya dapat melaksanakan pembinaan dan arahan serta memberikan petunjuk untuk Karang Taruna Kota Tegal.

Ary bersama pengurus Karang Taruna dilantik langsung oleh Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono di Ruang Adipura Kota Tegal, Jumat (24/12/2021). Hadir mendampingi Wali Kota Sekretaris Daerah Kota Tegal, Johardi, dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Usai melantik Wali Kota Tegal menyampaikan, selamat kepada pengurus Karang Taruna yang baru, dan Pemerintah menunggu karya nyata dari pengurus Karang Taruna yang baru di masyarakat. Dedy Yon menyampaikan bahwa Karang Taruna harus mampu menunjukkan perannya dan tegas dalam memposisikan dirinya.

Karang Taruna harus tampil sebagai mediator dan fasilitator untuk membawa aspirasi pemuda kepada Pemerintah, sekaligus menjadi mitra Pemerintahan Kelurahan dalam menjalankan berbagai program pembangunan, terutama dalam hal pengentasan kesenjangan sosial masyarakat.

“Karang Taruna harus mampu menunjukkan perannya dan tegas memposisikan dirinya dan tampil sebagai mediator dan fasilitator untuk membawa aspirasi pemuda kepada pemerintah, sekaligus menjadi mitra pemerintahan kelurahan dalam menjalankan berbagai program pembangunan, terutama dalam hal pengentasan kesenjangan sosial masyarakat,” ujar Wali Kota Tegal.

Wali Kota berharap dengan dikukuhkannya kepengurusan Karang Taruna Kota Tegal, para pemuda-pemudi dapat berjalan mandiri dan menjadi pelopor pembangunan di Kelurahan. Tentunya dengan memiliki program-program yang inovatif dan solutif, sehingga keberadaannya mampu menyejahterakan masyarakat serta membawa tempat tinggalnya menjadi kelurahan yang unggul dan mandiri.

Nino Moebi