blank
Bupati Jepara Dian Kristiandi bersama perangkat daerah dan tokoh masyarakat melakukan refleksi kebangsaan akhir tahun di makam Mantingan.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Bupati Jepara Dian Kristiandi bersama pimpinan perangkat daerah dan tokoh masyarakat memilih  melakukan refleksi kebangsaan akhir tahun di makam Mantingan.

Kegiatan dilaksanakan, pada Sabtu (25/12/2021), di Makam Ratu Kalinyamat, Desa Mantingan, Kecamatan Tahunan.

Ikut dalam refleksi akhir tahun, Sekda Jepara Edi Sujatmiko, Ketua Majelis Ulama (MUI) Jepara KH. Mashudi, para asisten dan sejumlah pimpinan Perangkat Daerah. Hadir pula sesepuh dan perwakilan juru kunci makam.

Kegiatan dimulai pukul 16.00 WIB. Bupati bersama rombongan menuju Makam Sultan Hadlirin dan Ratu Kalinyamat, yang berada di belakang Masjid Mantingan. Diawali dengan prosesi tabur bunga, kemudian dilanjutkan tahlil dan doa bersama.

Usai dari makam Ratu Kalinyamat, Dian Kristiandi juga mengunjungi Makam Raden Abdul Jalil atau yang dikenal Sunan Jepara. Makam ini berada di komplek Makam Mantingan.

blank

Disampaikan Andi, selain untuk mendoakan para leluhur, ziarah ini sekaligus untuk melakukan refleksi kebangsaan menjelang akhir tahun 2021.

Ziarah ini, merupakan tradisi leluhur yang perlu dilestarikan. “Kita butuh merenung, tentang segala hal yang telah kita perbuat di tahun 2021 ini,” kata dia.

Dian Kristiandi juga menyerahkan bantuan sembako untuk masyarakat yang kurang mampu dan para penyandang disabilitas dan laptop untuk perangkat pendidikan.

Hadepe