Bona Ventura Sulistiana (depan kiri), menerima surat keputusan, usai dia dinyatakan sebagai Ketua Umum KONI Jateng. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Mantan Plt Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana, kini resmi menjabat sebagai Ketua Umum KONI Jateng Periode 2021-2025.

Dia terpilih secara aklamasi karena hanya ada calon tunggal, di arena Musyawarah Olahraga Provinsi 2021, yang digelar di Hotel Patra, Semarang, Kamis (23/12/2021).

Usai terpilih, Bona memberikan apresiasinya pada semua peserta Musorprov, atas kepercayaan yang diberikan untuk dia emban.

BACA JUGA: Permata Hebat Candisari Kota Semarang Beri Pelatihan Fashion Show

”Bersama patriot olahraga Jateng lainnya, kami ingin memperbaiki prestasi olahraga provinsi ini mulai dari sekarang,” kata Bona dalam keterangannya usai pengukuhan.

Bona sendiri terpilih dalam sidang yang dipimpin Ketua Umum Pengprov Persambi (Sambo) Jateng Dance Ishak Palit, didampingi Ketua IPSI Jateng Heri Nuryanto, Sekretaris Perpani Jateng Martin Sudarmono, Ketua KONI Banjarnegara Nurochman Ahong, dan Ketua KONI Surakarta Lilik Kusnandar.

Menurut dia, banyak tugas yang harus diselesikan di periode kali ini. Salah satunya membangun kepercayaan publik dan pelaku olahraga, terhadap KONI Jateng. Selain itu, memperbaiki pembinaan prestasi olahraga Jateng.

BACA JUGA: Tim Bola Tangan Putra dan Putri Jepara Catat Sejarah, Bersama di Babak 8 Besar Kejurprov Junior U-19

”Banyak tugas yang menumpuk, dan harus diselesaikan satu per satu. Kami mohon dukungan dari semua pihak. Segera setelah ini, kami akan segera susun program-program kami demi kemajuan olahraga Jateng,” ungkap Bona.

Untuk membantu Bona Ventura menyusun kepengurusan, dia akan dibantu dua orang dari unsur KONI Kabupaten/Kota dan Pengprov Cabor.

Dari unsur KONI daerah, muncul nama Ketua KONI Banyumas Bambang setiawan. Sedangkan dari unsur Pengprov Cabor, Ketua Persambi yang juga Ketua sidang Dance Ishak Palit. Keduanya dipercaya untuk mendampingi Bona dalam menyusun kepengurusan.

BACA JUGA: 40 Siswa SLB/B Karya Bakti Don Bosco Vaksinasi di Polres Wonosobo

Tentang kepengurusan yang lama, Bona belum bisa memastikan. Dia meminta waktu untuk melakukan evaluasi kinerja pengurus, dan akan berdiskusi dengan banyak pihak.

Bona juga belum bisa memastikan, kapan Pra Porprov dan Porprov digelar. Meski sudah mundur setahun, namun perlu perhitungan yang matang, agar Porprov Jateng 2021 tetap berjalan sukses.

Persoalan Pra Porprov memang menjadi pembahasan alot di Musorprov. Ini mengingat, pelaksanaannya akan berbarengan dengan banyak agenda Nasional. Mulai dari babak Kualifikasi PON yang sudah terprogram dan akan digelar pada 2023. Ada juga pelaksanaan Pemilu.

BACA JUGA: Penyebab Kematian Gadis Bertato di Sungai Kemadu Masih Diselidiki

”Sangat mungkin Pra Porprov kita gelar pada 2022, lalu Porprov di 2023. Hal itu karena tidak pas jika Pra dan Porprovnya digelar di tahun yang sama. Ini yang kami perkirakan, akan menyulitkan pemangku kebijakan dalam hal penganggaran,” ungkap Bona.

Terlebih, tambah dia, Porprov jika dilaksanakan pada 2023, bisa bersamaan waktunya dengan Babak Kualifikasi PON Sumut/Aceh. Hal ini karena PON Sumut dan Aceh digelar pada 2024.

Riyan