blank
MUKI Kebumen bersama aparat Kecamatan Buayam, aktivis sosial dan PAC PDIP Buayan menanam penghijauan di bukit Desa Wonodadi.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Menyambut Natal 2021, DPD Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI) Kabupaten Kebumen melakukan aksi peduli lingkungan menanam 1.500 bibit penghijauan di daerah rawan longsor dan kekeringan di Kecamatan Buayan, Senin (20/12).

Ketua DPD MUKI Kebumen Hardi Nugroho menjelaskan, penamaan pohon dan buah-buahan dilakukan di Desa Wonodadi, Kecamatan Buayan. Hal itu sejalan dengan Program Bupati Kebumen Arif Sugiyanto Nandur Wit Kanggo Anak Putu.

Menurut Hardi, sebanyak 1.500 bibit tanaman terdiri dari taaanaman keras seperti pohon  jati dan ketapang kencana. Termasuk bibit buah-buahan seperti durian,  kelengkeng serta kopi.

blank

Penanaman dilakukan MUKI Kebumen bersama jajaran Forkopincam Kecamatan Buayan, aktivis sosial Jeep Trail dan Pengurus PAC PDI Perjuangan Kecamatan Buayan.

Kades Wonodadi Buayan Jamingin berterima kasih dengan adanya giat penghijauan karena akan lebih memberi penguatan pada masyarakat di desanya.

Sementara Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Buayan Suratman menyatakan, dengan adanya kepedulian banyak pihak terhadap lahan yang rawan longsor melalui program penanaman akan bisa menahan longsor. Bahkan hasilnya kelak bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Wonodadi .

Ketua DPD MUKI Kebumen Hardi Nugrohoi menambahkan, MUKI akan bersnergi dengan pihak mana pun dalam bidang apa pun selama bisa bermanfaat bagi masyarakat. Termasuk peduli lingkungan penanaman pohon dan buah-buahan.

Bibit Difasilitasi BPBD Kebumen

Menurut Hardi Nugroho, MUKI Kebumen dalam aksi penghijauan di Wonodadi Buayan tersebut difasilitasi BPBD Kebumen dalam pengadaan bibit tanaman. Bahkan juga didukung anggota DPRD Kebumen Amin Lukmantoro.

Hardi berpesan kepada masyarakat Desa Wonodadi agar tanaman itu dijaga, dirawat agar dapat tumbuh dan berbuah. Pada saatnya  MUKI akan memantau perkembangan tanaman penghijauan di desa tersebut. Jika ada pohon yang mati akan ditanam ulang.

Kegiatan penghijauan itu telah didahului penanaman di Kecamatan Petanahan saat MUKI bersama dengan Kepala Dinas Porawisata Kabupaten Kebumen. Kegiatan tersebut bersamaan perayaan Natal PPHTGD Korwil Kebumen, Senin 13 Desember 2021.

Kepala  Dinas Porawisata Kebumen Mohamad Arifin menilai program tersebut sangat membantu Pemerintah dalam merawat bumi dan melestarikan alam sesuai misi Bupati Kebumen.”Semoga kegiatan ini memancing masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dengan menanam pohon,”ujar Arifin.

Kegiatan penghijauan  itu didukung Pengurus DPD MUKI Kebumen, baik dari Dewan Penasihat maupun dari Dewan Pengawas. Peran dari Pdt Suka Raharjo sebagai Ketua Dewan Penasihat MUKI Kebumen ikut menginisiasi bersama Bidang Pengabdian Masyarakat.

Melalui komunikasi intensif dengan pihak Perangkat Desa Wonodadi, Buayan, program penanaman itu berjalan dengan baik, yang akan dilanjutkan di tempat dan waktu yang berbeda.

Komper Wardopo