kota ramah sepeda
Panitia penghargaan kota layak sepeda dari Bike To Work (B2W) Indonesia saat mengumumkan Kota Magelang sebagai kota ramah sepeda kategori kota sedang dengan predikat emas. Foto: Istimewa.

MAGELANG (SUARABARU.ID):  Di penghujung tahun 2021 ini, Kota Magelang mendapat kado istimewa. Yakni, meraih predikat sebagai  kota layak sepeda kategori kota sedang /kecil dengan predikat gold ( emas).

Penghargaan tersebut diberikan oleh Bike To Work (B2W) Indonesia, karena Kota Magelang dinilai meraih yang terbaik dari tiga indikator. Yakni, komitmen politik, infrastruktur fisik dan infrastruktur sosial yang dipecah menjadi 13 parameter penilaian.

“Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami dan masyarakat Kota Magelang, karena penghargaan tersebut baru pertama kali diberikan oleh B2W Indonesia dalam kurun waktu 16 tahun melakukan gerakan bersepeda,” kata Koordinator Bike To Work ( B2W) Magelang, Siska Sri Yoga, Selasa ( 21/12).

Yoga mengatakan,  keberhasilan Kota Magelang  dinobatkan menjadi kota ramah sepeda kategori kota kecil/sedang dengan predikat emas tersebut, karena peran serta semua elemen masyarakat dan semangat kolaborasi antara pegiat sepeda, pemerintah dan warga Kota Magelang.

Menurutnya, dengan dinobatkan sebagai kota ramah sepeda, ia sangat berharap Magelang harus berbenah menjadi lebih baik. Karena, kelak  akan menjadi percontohan bagi kota kota lain dalam wujudkan kota ramah sepeda.

Ia menambahkan, sebelumnya Kota Magelang masuk sebagai nomine penghargaan kota layak sepeda kategori kota sedang /kecil bersama dengan lima kota/kabupaten lainnya di Indonesia. Yakni,  Kota Salatiga, Kota Madiun,  Kota Kediri, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Ngawi,’

“Ke enam kabupaten/ kota tersebut masuk nonime penghargaan tersebut berdasarkan usulan dari polling yang dilakukan B2W Indonesia,”imbuhnya.

Ia menjelaskan, dari  poling tersebut dilakukan penjurian oleh dewan juri dari kalangan profesional dengan tiga indikator. Yakni, komitmen politik, infrastruktur fisik dan infrastruktur sosial yang dipecah menjadi 13 parameter penilaian.

Dari penilaian tersebut, Kota Magelang meraih penghargaan kota ramah sepeda kategori kota kecil/sedang dengan predikat emas. Kemudian, disusul Madiun yang meraih perak dan Kabupaten Banyumas meraih perunggu.

Pada pengumuman dan penyerahan penghargaan yang dilakukan di Perpusnas Jakarta, Selasa( 21/12) dan  juga disiarkan secara daring melalui channel Youtube,IG Live dan zoom, untuk kota besar kota ramah sepeda, penghargaan emas diraih Kota Jogjakarta, Kota Bogor ( perak) dan Kota Mataram meraih perunggu.

“Sedangkan, untuk kategori metropolitan, penghargaan emas diraih  Kota Jakarta disusul Kota Bandung (perak) dan perunggu diraih Kota Surabaya,” katanya.  Yon