LBPD Menoreh
Sekretaris LBPD Menoreh, Markus Njoto Nugroho saat menyerahkan bantuan kemanusiaan bagi korban erupsi Semeru di Desa Sumberrejo, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Foto: Istimewa.

KOTA MUNGKID ( SUARABARU.ID)- Lembaga Penanggulangan Bencana Desa ( LPBD) Menoreh, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang membantu meringankan beban korban bencana erupsi Gunung Semeru dengan menyalurkan bantuan kemanusiaan.

“Bantuan berupa uang tunai dan berbagai macam barang kebutuhan sehari-hari tersebut telah kami serahkan secara langsung bagi para pengungsi di Desa Sumberrejo, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Sabtu ( 18/12) lalu,” kata Sekretaris LBPD Menoreh Salaman, Markus Njoto Nugroho, Senin  ( 20/12).

Markus Njoto mengatakan, selain itu menyerahkan sejumlah uang tunai bantuan,  LPBD Menoreh Salaman juga menyalurkan barang-barang yang sangat diperlukan bagi  para pengungsi erupsi  Semeru sehari-hari.

Seperti  sarung, mukena, kaos, pakaian dalam pria dan wanita, sepatu. Selain itu juga, pihaknya juga memberikan bantuan berupa gayung  dan ember air untuk keperluan mandi dan lainnya..

Menurutnya, bantuan barang dan uang tunai tersebut berasal dari usaha penggalian dana yang dilakukan LPBD Menoreh Salaman selama satu minggu, yakni mulai 8-15 Desember lalu.

Upaya pengumpulan dana kemanusiaan tersebut dilakukan secara berkeliling di sekitar Desa Menoreh.

“Kami melakukan penggalangan dana di Pasar Beteng, Pasar Salaman dan tempat-tempat usaha yang ada di sekitar Desa Menoreh. Kami juga menggalang dana di lampu lalu lintas Simpang Tiga Bunderan Salaman . Tentunya, setelah kami mendapatkan izin dari Polsek Salaman,” kata Totok panggilan akrabnya.

Ia menambahkan, selama satu minggu menggalang dana kemanusiaan, berhasil mengumpulkan uang sekitar Rp19 juta dan beberapa barang yang dikirim oleh para donatur ke Posko Peduli Semeru LPBD Menoreh Salaman.

Totok menjelaskan, bantauan kemanusiaan tersebut  kemudian dikirim oleh 13 personil LBPD setempat dengan menggunakan tiga unit mobil.

Sebelumnya, pihaknya telah berkoordinasi dengan relawan di Desa Sumberrejo, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Sehingga bantuan dari LPBD Menoreh Salaman tersebut bisa langsung diterima masyarakat yang terdampak di desa tersebut.

“Dengan adanya teman relawan  lokal yang ada di Lumajang dan kita berkoordinasi, sehingga bantuan dari LBPD Menoreh Salaman  bisa langsung diterima oleh para pengungsi yang  ada di Desa Sumberrejo, Kecamatan Candipuro, Lumajang,” katanya.  Yon