blank
Penghargaan P2HAM dengan nilai terbaik untuk Lapas Kelas 1 Semarang. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang memperingati Hari HAM Sedunia ke-73 secara virtual, yang terpusat di Graha Pengayoman Kemenkumham RI.

Peringatan Hari HAM Sedunia tahun 2021 tersebut mengusung tema kesederajatan atau kesetaraan (equality).

Peringatan disahkannya Deklarasi Universal HAM (World Human Rights Day) pada 10 Desember 1948 senantiasa mempunyai relevansi dengan berbagai persoalan yang dihadapi segenap umat manusia saat ini, bahkan di masa mendatang.

Menteri Hukum dan HAM, H.Yasonna Laoly mengatakan, pemerintah melalui Kemenkumham konsisten mendorong pelaksanaan program pemajuan HAM, terutama pemenuhan kebutuhan dasar dan pelayanan masyarakat yang sesuai standar dan norma HAM.

Kemenkumham tetap melaksanakan berbagai program pemajuan HAM, seperti pemberian penghargaan atas prestasi dan capaiannya dalam bidang pelayanan publik hingga pelaksanaan kewajiban internasional di bidang HAM.

Pada peringatan Hari HAM tahun ini, Kemenkumham memberikan ratusan penghargaan atas capaian dalam pelayanan publik berbasis HAM (P2HAM) kepada satuan kerja di internal Kemenkumham, juga kepada pemerintah daerah.

Lapas Semarang merupakan salah satu Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) yang mendapatkan penghargaan P2HAM dengan nilai terbaik.

Melalui momentum peringatan Hari HAM ini diharapkan dapat membangun kembali pemajuan HAM demi menghapus kesenjangan dengan memperkuat sinergi, kolaborasi, dan solidaritas global.

Sementara Kalapas Semarang, Supriyanto menyampaikan rasa bahagia dan ungkapan terima kasih kepada semua pihak khususnya seluruh keluarga besar Lapas Semarang yang telah melaksanakan pelayanan publik berbasis HAM dengan maksimal.

“Rasa bahagia dan ungkapan terimakasih kepada seluruh jajaran Lapas Semarang atas usaha dan pelayanan maksimal. Ini semua dapat terwujud atas kerja keras serta dedikasi terbaik pegawai Lapas,” ungkap Supriyanto, Sabtu (11/12/2021).

“Kami berharap kedepan tetap mempertahankan predikat ini dan selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk warga binaan maupun masyarakat,” pungkasnya.

Ning