blank
Petugas Kantor DLH Kota Magelang sedang memasang lampion aneka warna di atas Kali Manggis (Dok DLH)

 

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Guna menambah keindahan utamanya pada malam hari, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang memasang lampu hias di pohon peneduh (tree light) dan lampion aneka warna di atas Kali Manggis.

Kepala Bidang Pengelola Penerangan Jalan Umum dan Pemakaman, DLH Kota Magelang Yetty Setyaningsih menerangkan, pemasangan lampu warna warni di setiap sudut kota merupakan awal rencana perwujudan program ‘Magelang Cantik’.

‘’Kami ingin menciptakan Kota Magelang yang tidak hanya terlihat cantik, tetapi juga terang dengan konsep city light di malam hari. Termasuk lampu pohon dan lampion di sepanjang Kali Manggis di Jalan Ikhlas dan Jalan Jenderal Sudirman,” katanya, kemarin.

Menurutnya, lampion-lampion itu dipasang tepat di atas Kali Manggis di tengah-tengah antara Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Ikhlas. Ini membuat pemandangan jalan protokol itu makin menarik.

‘’Konsep tree light dan lampion Kali Manggis ini kami lakukan untuk mendukung visi kepala daerah mewujudkan Magelang Cantik dan Terang dengan city light di malam hari,’’ tuturnya.

Kandidat doktoral tersebut menambahkan, dalam waktu dekat pemasangan city light akan ditambah di Jalan Gatot Soebroto, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan A Yani dan Jalan Soekarno-Hatta. Tetapi untuk menambah kesan terang, khusus di Jalan Gatot Soebroto dan Jalan Soekarno-Hatta, pihaknya akan  memasangnya dengan lampu sorot.

Kepala DLH Kota Magelang, Otrostrianto menambahkan, penambahan lampu warna warni, lampu sorot hingga lampion di tengah kota ini diharapkan dapat menarik wisatawan untuk datang ke Kota Magelang.

Menurutnya, program pariwisata akan lebih baik jika disengkuyung bersama, melibatkan masyarakat, pemerintah dan stakeholders lainnya.

‘’Harapannya ada gerakan serempak untuk kemajuan wisata di Kota Magelang. Citylight sendiri adalah impian agar Kota Magelang menjadi kota yang cantik dan indah, sehingga akan menarik perhatian warga luar daerah untuk berwisata,’’ harapnya.

Selain itu, konsep city light juga menjadi ajang sosialisasi pemerintah terhadap warga untuk senantiasa mencintai kebersihan kotanya.

Dia berharap, keberadaan lampion di atas Kali Manggis menjadi tanda bahwa sungai-sungai di Kota Magelang selalu terlihat bersih dan indah.

 

Penulis : Prokompim/Pemkot Magelang

Editor   : Doddy Ardjono