blank
Gus Miftah bersama Kapolda Jateng dan Pangdam IV/Diponegoro serta wagub Jateng di Cafe Wiratama Kodam, Watugong, Semarang. Foto: Ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – KH. Miftah Maulana Habiburrahman atau akrab disapa Gus Miftah, mengajak agar masyarakat dapat menyingkirkan ego masing-masing untuk menjaga kerukunan. Dia mencontohkan, menjalin kerukunan sama halnya dengan membuat sambal.

Di dalam sambal yang nikmat itu, kata Gus Miftah, terkandung berbagai bahan dan rempah yang menjadi satu sehingga menghasilkan rasa enak.

“Coba kalau kita makan sambal, kita makan cabenya dulu, bawang merahnya, bawang putih, kalau dimakan satu-satu kan rasanya tidak enak. Tapi kalau semua bahan disatukan dan diolah, akan memunculkan rasa sambel yang nikmat,” katanya dalam Dialog Kebangsaan bertema Sinergitas Pemerintah, TNI, Polri, dan Ulama Jaga NKRI di Cafe Wiratama, Watugong, Semarang, Rabu (8/12/2021).

Dialog Kebangsaan bertema Sinergitas Pemerintah, TNI, Polri, dan Ulama Jaga NKRI di Cafe Wiratama, Watugong, Semarang, Rabu (8/12/2021), mengundang narasumber Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen,Kapolda Jawa Tengah, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto, dan pengasuh Ponpes Ora Aji KH. Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah.

Dalam dialog itu terungkap, perayaan Natal 2021 menjadi fokus sinergitas Forum Komunikasi Pimpinan  Daerah (Forkopimda) antara Pemerintah, TNI, dan Polri Provinsi Jawa Tengah menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Hadir dalam dialog tersebut, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, dan pengasuh Ponpes Ora Aji KH. Miftah Maulana Habiburrahman.

Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, mengatakan pihaknya telah menyiapkan sekitar 8.600 pos PPKM Mikro di Jawa Tengah untuk memantau kegiatan masyarakat. Selain itu, jajaran Polda juga akan melakukan cek poin di 20 rest area Tol di Jawa Tengah, di dalam kota maupun di perbatasan kota.

“Jadi nanti siapa pun masyarakat yang mudik akan tercatat dan terpantau. Nanti ada Babinsa, Babinkamtibmas, dan lurah yang memantau. Untuk perayaan natal, secara umum sekitar tiga ribu gereja di Jawa Tengah yang akan kita jaga. Di situ sinergi terjadi antara Polri, TNI, ada Satpol PP, dinas-dinas terkait juga ada,” kata Luthfi.

Koordinasi Kodam-Polda

Sementara itu, Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto, mengatakan pihaknya juga turut berkoordinasi dengan Polri dan jajaran Pemprov Jateng, terkait perayaan Natal. Dia mengimbau masyarakat Nasrani agar dapat melakukan kegiatan ibadah dengan baik dan menjaga kondisi di masing-masing wilayah.

“Saya pikir itu menjadi sesuatu bahwa kita harus menjaga ibadah teman-teman kita masyarakat Nasrani. Yuk kita jaga situasi covid-19,” tandasnya.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mengimbau kepada masyarakat untuk saling meningkatkan toleransi antar umat beragama. Menurutnya, hal ini menjadi salah satu dasar di Jawa Tengah untuk menjaga keutuhan dan harmonisasi dalam masyarakat.

“Kita senang dengan masyarakat jawa tengah yang nguwongke wong (saling menghormati), sehingga muncul gotong royongnya. Saya berharap di Nataru ini, kita tunjukkan Jawa Tengah ini toleransinya kuat, saling menghormatinya kuat. Dan saya berharap kepada pada jemaat, kalau nanti melaksanakan ibadah, silahkan laksanakan ibadahnya,” kata Taj Yasin.

Hery Priyono