Sekum Pengprov Kodrat Jateng, Madi (kanan), menyerahkan surat dukungan kepada Bona Ventura Sulistiana, di kediamannya Perumahan Taman Durian Banyumanik, Semarang, Minggu (5/12/2021) malam lalu. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dua organisasi olahraga pemilik hak suara pada Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) KONI Jateng 2021, yakni Pengprov Kodrat (Keluarga Olahraga Tarung Derajat) dan KONI Kabupaten Grobogan, menyatakan diri mendukung bakal calon Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana.

Sekretaris Umum Pengprov Kodrat, Madi menyatakan, dirinya sudah menyerahkan surat dukungan resmi, yang ditandatangani Ketua Pengprov Kodrat Jateng, Putut Sutopo, kepada Bona Ventura, di kediamannya Perumahan Bukit Durian, Banyumanik, Semarang, Minggu (5/12/2021) malam lalu.

”Kodrat sudah bulat mendukung Pak Bona untuk memimpin KONI Jateng Periode 2021-2025. Sebagai wujud dukungan, saya datang langsung ke rumah, dan menyerahkan surat dukungan,” kata Madi dalam keterangannya di Semarang, Senin (6/12/2021).

BACA JUGA: Kapolres Serahkan Bantuan Untuk Memperkuat Pengamanan Objek Vital

Alasan pihaknya mendukung Bona adalah, karena saat ini olahraga Jateng perlu figur yang tegas namun lentur, demokratis dan menghargai orang lain. Dalam pengamatan dirinya dan juga dorongan dari Ketua Pengprov Kodrat Putut Sutopo, maka pihaknya langsung sepakat memilih Bona pada Musorprov mendatang.

”Kami perhatikan, Pak Bona dalam memutuskan masalah tidak dilakukan sendirian. Kami yakin, beliau sudah tahu jalan keluarnya, namun tetap saja mengajak pengurus lainnya untuk berpikir dan menyamakan visi,” terang Madi.

Ada pun Ketua KONI Grobogan, Fatchurrachman, yang jauh hari sempat dikabarkan bakal maju ke pencalonan Ketua KONI, juga menyatakan mendukung Bona. Bahkan dia akan berusaha untuk mengajak para Ketua KONI se-Pati Raya, untuk mengikuti jejaknya.

BACA JUGA: Pemprov Jateng Kirim Bantuan untuk Korban Semeru

”Pilihan saya tetap Mas Bona. Saya harapkan Pati Raya juga sepakat untuk satu suara, Bona,” tegas Koordinator Pati Raya, dalam rangka Porprov 2022 itu.

Sementara itu, Bona Ventura membenarkan ketika dikonfirmasi tentang pernyataan kedua tokoh olahraga itu. ”Betul apa yang dikatakan Pak Madi dan Pak Fatchurrahman. Keduanya sudah menyatakan dukungan kepada saya. Ini menjadi tambahan semangat sekaligus tantangan bagi saya, untuk mengemban amanat insan olahraga di Jateng,” ungkap Bona.

Namun demikian, dia tidak mau menanggapi lebih jauh. Dia tak mau memberi janji kepada pemegang hak suara, untuk sesuatu yang harus dipikirkan bersama. ”Ya, terima kasih atas dukungannya,” kilahnya.

BACA JUGA: Hendi Beri Perhatian pada Kelurahan Dadapsari di Kampung Melayu

Tentang kapan dirinya mendaftar ke Tim Sembilan selaku Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Ketua KONI, Bona menyatakan masih perlu waktu untuk mengumpulkan dukungan dari pengurus KONI kabupaten/kota dan Pengprov cabang olahraga di Jateng.

Dalam masa kerjanya, Tim Sembilan telah menetapkan jadwal yakni pendaftaran akan ditutup pada Rabu (15/12/2021) mendatang. Kemudian dari calon yang sudah terdaftar, apabila ada kekurangan persyaratan, akan diberi waktu sampai Minggu (19/12/2021) untuk melengkapinya.

Riyan