Bupati Arif Sugiyanto melepas sukarelawan PMI Kebumen untuk penanggulangan dampak erupsi Gunung Semeru, Lumajang.(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto Senin (6/12) melepas sukarelawan  PMI untuk membantu evakuasi penanggulangan bencana Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

Pelepasan sukarelawan dari di Markas PMI  Kebumen Jalan Arumbinang 18 dihadiri Kepala Bappeda Edi Rianto, Ketua PMI Kebumen  Sabar Irianto dan  Sekretaris PMI Muhsinun serta pengurus lain.

Acara ditandai dengan diangkatnya tongkat bendera PMI sebagai ucapan selamat jalan kepada sukarelawan yang bertugas selama tujuh hari kedepan di Kabupaten Lumajang Jatim.

Mereka yang ditugaskan diantaranya Bandriyo (driver), Imam D, Wahyudi (medis), Dina Herawati (medis) dan Ircham Dwi K (dapur umum).

PMI Kebumen juga mengirimkan bantuan logistik sembako dan peralatan untuk penanggulangan bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang,(Foto;SB/Ist)

Guna penanganan darurat di lokasi bencana, PMI Kebumen juga mengirimkan beberapa bantuan logistik. Berupa bahan sembako seperti  beras, minyak goreng, mie instan, air kemasan, kecap dan lainnya. Termasuki logistik peralatan terpal, selimut, disinfeksi mandiri, baby kit dan lainnya.

Bupati Arif Sugiyanto mengapresiasi misi kemanusiaanpengurus  PMI Kebumen yang tanggap mengirimkan sukarelawan serta bantuan. Bahkan misi itu juga membawa nama baik masyarakat Kebumen.

“Mari Kita doakan bersama untuk saudara kita yang terdampak erupsi Gunung Semeru semoga dikuatkan dalam kesabarannya, serta relawan kita yang ditugaskan semoga sehat selalu dan terus semangat” tutur Arif Sugiyanto, dalam sambutan sekaligus doa sebelum keberangkatan.

Wakil Ketua PMI Salim Wazdy menambahkan, pihaknya telah menyiapkan sukarelawan kloter berikutnya untuk membantu dampak erupsi Gunung Semeru. Para sukarelawan itu telah terlatih dan memiliki kapasitas menangani korban bencana alam baik evakuasi, PPPK  maupun dapur umum.

Komper Wardopo