blank
Ketua TP PKK Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian, SE menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) didampingi Bupati Purworejo, RH Agus Bastian SE MM.

PURWOREJO (SUARABARU.ID)- Detakjateng-Tak terasa, satu tahun, 2021 hampir terlewati. Meskipun masih berkutat dengan pandemi Covid-19, akan tetapi bukan berarti segala kegiatan berhenti.Berbagai prestasi ditorehkan oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo.

Dalam kaleidoskop kali ini, kita akan kembali mengenang berita-berita baik dan prestasi-prestasi Kabupaten Purworejo. Tulisan kaleidoskop akan diturunkan menjadi beberapa bagian.

APRIL

Guna menyelesaikan permasalahan quarry atau tambang Desa Wadas Kecamatan Bener, Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM menggelar pertemuan bersama Forkopimda, BBWS, dan pimpinan OPD terkait di Ruang Bagalen Setda, Kamis (29/4/2021).

Baca Juga: Purworejo Dalam Bingkai Berita (Bagian Pertama)

Warga yang menolak quarry juga diundang dalam pertemuan tersebut, namun tidak hadir karena alasan tertentu.
Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM menjelaskan jika pertemuan ini merupakan langkah Pemkab Purworejo dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Desa Wadas.

Dengan adanya pertemuan ini diharapkan dapat terjalin komunikasi yang baik antara pemkab dan warga yang menolak quarry.

MEI

Pemerintah Kabupaten Purworejo kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Predikat WTP ini merupakan yang kesembilan kali diraih Pemkab Purworejo secara berturut-turut sejak tahun 2012.

Baca Juga: Ini Pesan Moral Amir Machmud saat Melantik Ketua PWI Kebumen dan Purworejo

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Purworejo Tahun Anggaran (TA) 2020, dilakukan di kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah di Semarang, Senin (24/05/2021).

Pemerintah Kabupaten Purworejo mulai mengimplementasikan gerakan yang disebut “Tresno Purworejo Larisi Purworejo”.

Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan kebanggaan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Purworejo.

Baca Juga: Dosen USM Bina Kelompok Tani Bina Lestari Purworejo untuk Ciptakan Kualitas Produk Berkualitas

Selain itu juga untuk mewujudkan Visi Bupati-Wakil Bupati Purworejo, yakni Purworejo Berdaya Saing Tahun 2025. Salah satu implementasinya adalah terbitnya Surat Edaran Bupati Purworejo Nomer 512.1/3.751 tentang Tresno Purworejo Larisi Purworejo, tertanggal 27 Mei 2021.

Semua ASN/Calon ASN, Karyawan/Karyawati BUMD, Kepala Kelurahan/Desa beserta Perangkat Desa, Sekolah dan masyarakat Kabupaten Purworejo diminta agar mensukseskan gerakan Tresno Purworejo Larisi Purworejo.

JUNI

Kabupaten Purworejo meraih prestasi berupa penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) untuk Ketua TP PKK Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian SE.

Baca Juga: PSIW Wonosobo Menang Tipis 2-1 atas ISP Purworejo

Penghargaan MKK merupakan program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga berencana (Bangga Kencana) dari BKKBN. Penghargaan diberikan dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 28 Tahun 2021.

Pembacaan penghargaan tersebut disampaikan secara virtual pada kegiatan Gebyar penghargaan program Bangga Kencana, Senin (28/6/2021).

JULI

Purworejo meraih penghargaan sebagai Kabupaten Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021 dari Kemeterian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dengan kategori peringkat Madya bersama 12 Kabupaten/kota lainnya.

Baca Juga: Vaksinasi di Purworejo Baru Mencapai 20 Persen

Penyerahan Penghargaan KLA Tahun 2021 dilakukan secara virtual yang dipimpin Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati pada hari Kamis (29/7/2021).

Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH beserta sejumlah pejabat terkait turut mengikuti acara tersebut dari Command Center Dinkominfo Purworejo.

Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Purworejo, Kamis (1/7/2021).

Baca Juga: Purworejo Dalam Bingkai Berita (Bagian Pertama)

Ganjar melakukan peninjauan ke beberapa tempat, seperti di RSUD Tjitrowardojo dan Desa Wirun yang sebagian warganya sedang melakukan isolasi mandiri.

Kunjungan Gubernur ke Purworejo disambut oleh Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM, Kepala Dinas Kesehatan dr Sudarmi MM, Kepala Dinas Sosial sekaligus Plt Direktur RSUD Tjitrowardojo dr Kuswantoro MKes dan pejabat terkait lainya.

Claudia