Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat meminta GPP segera direalisaslikan. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat optimis dan mendukung penuh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setempat untuk segera mewujudkan Gerai Pelayanan Publik (GPP) sebagai sarana pelayanan publik yang lebih representatif bagi masyarakat.

GPP yang saat ini sudah dalam tahapan pemantapan, yaitu uji kelayakan tempat dan kelengkapan fasilitas, disebut Afif, layak didukung demi meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Afif mengakui saat ini tuntutan dari publik terkait kualitas layanan semakin meningkat sehingga diperlukan inovasi-inovasi dan juga terobosan untuk memenuhinya.

“Terwujudnya GPP ini akan meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, yang di era sekarang ini semakin cerdas dan menuntut proses birokrasi yang cepat dan akuntabel,” tutur mantan Ketua DPRD Wonosobo itu.

Pihaknya menegaskan akan mempercepat proses teknis dan memperkuat koordinasi antar lembaga daerah dan pusat untuk keperluan realisasi GPP. Dengan demikian, masyarakat bisa segera dapat menikmati pelayanan publik melalui GPP.

Satu Tahun

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat. Foto : SB/dok

“Kita konsep kebutuhannya apa saja, sehingga pada tahun 2022 awal, apabila semuanya sudah matang kita genjot dengan publikasi di media sosial agar semua masyarakat mengetahui,” lanjutnya.

GPP, seperti dijelaskan Kepala DPMPTSP Wonosobo Eko Suryantoro, konsep pembuatannya akan ada space ruangan yang layak dan memadai. Sehingga semua OPD dapat masuk dalam satu pintu melayani semua kebutuhan masyarakat.

“Perlu persiapan setidaknya satu tahun untuk mewujudkan Mall Pelayanan Publik (MPP), mulai dari tempat, sistem dan sebagainya sehingga kami fokus untuk mendirikan gerai terlebih dahulu,” ujar Eko.

Dengan GPP itu pula, Eko menyebut pihaknya berupaya mendukung dan mengimplementasikan missi Pemkab Wonosobo yaitu melaksanakan pelayanan publik semaksimal mungkin kepada masyarakat.

“Langkah awal dari kami adalah paparan seperti yang telah selesai hari ini, kemudian koordinasi Disperkimhub, meninjau fasilitas yang ideal seperti tempat parkir yang luas, gedungnya layak dan memadai,” pungkasnya.

Muharno Zarka