blank
Personel gabungan saat melakukan pemadaman terhadap kapal MT Sumantri Brodjonegoro yang mengalami kebakaran di sekitar Area 70, perairan Teluk Penyu, Cilacap, Rabu (1/12/2021). Antara

CILACAP (SUARABARU.ID)- Sebuah kapal kargo mengalami kebakaran di perairan Teluk Penyu Cilacap, kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya.

“Kami masih melakukan evakuasi terhadap seluruh anak buah kapal (ABK) dari Kapal MT Sumantri Brodjonegoro – PT PI Logistik yang mengalami kebakaran mesin tersebut. Hingga pukul 09.50 WIB, kami sudah mengevakuasi 21 orang dari total 26 ABK,” katanya di Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (1/12/2021).

Menurut dia, lima ABK lainnya yang masih berada di dalam kapal saat sekarang sedang memantau upaya pemadaman.

Baca Juga: 50 Warga di Cilacap Masih Mengungsi Akibat Banjir

Ia mengatakan berdasarkan keterangan dari ABK yang telah dievakuasi, kapal yang mengangkut pupuk PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) yang berada di sekitar Area 70 atau Dermaga Khusus Pertamina itu mengalami kebakaran pada pukul 07.15 WIB.

“Menurut keterangan ABK, titik apinya belum diketahui karena tiba-tiba muncul asap tebal,” katanya.

Selain Basarnas, kata Nyoman, upaya evakuasi ABK dan pemadaman kapal tersebut melibatkan personel Pangkalan TNI Angkatan Laut Cilacap, Satuan Polisi Perairan Kepolisian Resor Cilacap, Pertamina, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Cilacap, serta pihak lainya.

Hingga berita ini diturunkan upaya pemadaman kebakaran kapal tersebut masih dilakukan.

Ant-Claudia