blank

SEMARANG – Univesitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang hadirkan Duta Besar Indonesia untuk Afganistan Mayor Jenderal Purnawirawan TNI Dr Ir Arief Rachman MD dalam kuliah pakar berseri dengan tema arah dan peran strategis global RI dalam mewujudkan perdamaian global khususnya di Afganistan, (26/11).

Rektor Unissula Drs Bedjo Santoso MSc PhD berharap dari kuliah berseri ini dapat bersama-sama mendapatkan dan sharing tentang ilmu-ilmu yang tidak dimiliki oleh dosen-dosen Unissula khususnya dalam isu perdamaian dunia.

“Indonesia merupakan negara dengan geopolitik, geoekonomi, dan geostrategic. Sehingga dengan kestabilan negara dan rukun, Indonesia dapat mewujudkan dan menjadi penengah antara penguasa di Timur dan Barat,” ungkapnya.

Melanjutkan pengantar dari Rektor Unissula, Dubes Arief Rachman menjelaskan bahwa Indonesia memiliki amanah untuk ikut dalam perdamaian dan ketertiban dunia. “Salah satunya dengan bergabungnya Indonesia ke dalam PBB. Bahkan PBB menjadikan Indonesia menjadi penengah atau mediator,” jelasnya.

Sehingga menurutnya sosial budaya yang ada di Indonesia memegang peranan penting dalam peradaban dunia. “Sosial budaya dan peradaban Indonesia memegang penting peran memajukan peradaban dunia di masa yang akan datang,” pungkasnya.