blank
Perwakilan Pemkab Batang dan Unwahas, melakukan penandatanganan MoA, dilanjutkan foto bersama. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dalam rangka pengembangan potensi wilayah, Pemerintah Kabupaten Batang menggandeng Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang. Jalinan kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan naskah Memorandum of Agreement (MoA).

Dekan Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisip) Unwahas, Dr Agus Riyanto SIP MSi menjelaskan, upacara penandatangan MoA dilakukan di Kampus Unwahas Jalan Menoreh Tengah X/22 Sampangan, Semarang, Rabu (24/11/2021). Kerja sama ini merupakan kelanjutan dari MoU antara Bupati Batang Wihaji, dengan Rektor Unwahas Prof Dr H Mudzakir Ali MA.

Naskah kerja sama MoA ditandatangani Dekan Fisip Unwahas Dr Agus Riyanto SIP MSi dan Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Batang Yarsono SIP MM. Yarsono didampingi Kabid Pemasaran Pariwisata Atik Suprihatini SH MSi, Kasubag Program Rahwan SE dan Kasi Peningkatan Kapasitas SDM dan Pelaku Ekonomi Kreatif Bidang Pengembangan SDM Haryono ST.

BACA JUGA: Ditpolairud Polda Jateng Tabur Bunga di Laut Peringati HUT Ke-71

Sedang Agus Riyanto didampingi Wakil Dekan Anna Yulia Hartati SIP MA, Ketua Jurusan Hubungan Internasional Dr Ismiatun dan para dosen Fisip Unwahas.

Yarsono dalam keteranganya menyampaikan, Pemkab Batang merupakan kabupaten termuda di Jateng yang terus bangkit, dengan segala potensi yang tersedia.

”Apalagi dengan fasilitas jalan tol Batang, PLTU dan Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) seluas 4.000 hektare, nama Kabupaten Batang semakin dilirik berbagai pihak untuk berinvestasi,” kata Yarsono.

BACA JUGA: Pesawat Citilink Lepas Landas Dengan Lancar Dari Halim Perdanakusuma Menuju Ngloram Blora

Menurut dia, pihaknya yakin dengan bantuan pemikiran, konsep-konsep pembangunan pariwisata dari Fisip Unwahas, akan mempercepat langkah pengembangan pembangunan yang sedang dilaksanakan Pemkab Batang.

”Wilayah kami terdiri pantai dan pegunungan. Ada empat objek yang terus kami kembangkan, yaitu wisata Pantai Sigandu, wisata alam Sikembang, wisata budaya Silurah dan wisata paralayang Sikuping,” jelas dia.

Objek Wisata lainnya, Curug Gombong, Kecamatan Pacalungan, Kebun Teh Pagilaran, Bukit Sri Gunung Banyuputih, Kedawung, Kecamatan Banyuputih, Telaga Dringo di Mojotengah, Kecamatan Reban, Batu Gamelan, Tosa, Kecamatan Bandar. Ada juga wisata religi di Blado Wonobodro dan di Pantai Ujungnegoro.

BACA JUGA: Unissula Hadirkan Dubes Afganistan Bahas Peran Indonesia dalam Peradaban Dunia

Sedangkan Agus Riyanto menyatakan MoA dengan Pemkab Batang selain bertujuan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, juga dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

”Program ini memberikan kesempatan mahasiswa untuk belajar tidak hanya di bangku kuliah saja, tetapi mereka bisa mengenal industri, pariwisata, pemerintahan, ekonomi, perdagangan, pendidikan dan kesehatan di daerah di mana mereka belajar,” terang Agus.

Dalam waktu dekat, pihaknya segera mengirim mahasiswa Fisip Unwahas untuk belajar ke Kabupaten Batang, melalui KKN Tematik atau program magang bersertifikat. Sebelum dengan Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga, Fisip Unwahas juga sudah mengirim mahasiswa magang di Kesbangpol Batang.

Riyan