blank
Kombes Pol Raden Setijo Nugroho Hasto Harjo Putro, S.I.K Direktur Polisi Air dan Udara Polda Jateng, memimpin acara tabur bunga dalam rangka HUT Polairud ke-71. Foto Dok Istw

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Jateng, menggelar tabur bunga di perairan utara Jawa Tengah untuk memperingati HUT ke-71 Polairud.

Dengan menggunakan KP Anis Macan 4002, Direktur Polisi Air dan Udara Polda Jateng, Kombes Pol Raden Setijo Nugroho Hasto Harjo Putro, S.I.K memimpin langsung upacara tersebut di perairan utara Pulau Jawa, yakni di area Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, dengan diikuti beberapa kapal lainnya.

Kombes Pol Setijo menyampaikan, kegiatan tabur bunga yang merupakan rangkaian kegiatan HUT Polairud ini, dalam rangka mengingat jasa para pahlawan yang berkontribusi dalam pengamanan laut.

“Harapannya, kegiatan tabur bunga agar pahlawan-pahlawan laut diterima di sisi Nya dan diampuni kesalahan-Nya,” ujarnya

Puncak rangkaian kegiatan, lanjut Kombes Setijo, akan dilaksanakan pada 1 Desember 2021 mendatang. Sedangkan kegiatan tabur bunga ini, diikuti 120 personel dengan lima kapal untuk mengangkut personelnya.

“Puncak kegiatan, akan dilaksanakan pada Senin (1/12/2021). Akan ada kegiatan panen perdana budi daya lele yang selama ini dilakukan anggota Ditpolairud, pembagian sembako disekitar Mako Ditpolairud, rencananya Bapak Kapolda langsung yang akan memberikan. Selain itu, puncaknya upacara virtual yang langsung dipimpin Kapolri,” jelasnya.

Kombes Setijo menyampaikan juga, dengan peringatan HUT ke 71 ini, Ditpolairud Polda Jateng berkomitmen menjalankan tugas utama yakni menjaga wilayah perairan berkolaborasi dengan seluruh stakeholder dan seluruh masyarakat maritim.

Tidak haya itu, pihaknya juga berkomitmen menjaga ekosistem di wilayah pesisir.

“Hal ini telah dilakukan dengan penanaman mangrove dan membuat terumbu karang. Tidak hanya itu kami juga menjaga agar wilayah pesisir tidak terkena abrasi,” imbuhnya.

Ia berharap, upaya yang dilakukan dapat menjaga ekosistem laut dan mencegah abrasi. Hal ini bertujuan agar berguna untuk generasi berikutnya. Beberapa kegiatan lainnya, yang sudah terlaksana yaitu vaksinasi di kedungombo dan pembagian sembako serta life jacket, bersih-bersih pantai Tirang, anjangsana dan donor darah.

Absa