blank
Salah seorang konsumen sedang melakukan akad pada Program Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan, di Kabupaten Pati. Foto: dok/ist

PATI (SUARABARU.ID)– Sebanyak 82 unit rumah yang dibangun PT Hanzichaland Group di Kabupaten Pati, telah dapat melaksanakan akad Program Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT), yang menggunakan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

Direktur Hanzichaland Group, Rindu Masuci SE MM, yang akrab disapa Ririn mengatakan, PBG yang diterbitkan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) itu, salah satunya merupakan inisiatif Kabupaten Pati, yang lebih dulu untuk mengeluarkan PBG untuk perumahan bersubsidi, dibandingkan kabupaten dan kota lain di Jawa Tengah.

Hal ini tidak lepas dari peran serta dan tindakan yang agresif dari dinas terkait, antara lain Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pati, DPMPTSP, dan Dinas Cipta Karya.

BACA JUGA: Kapolda Buka Lomba Menembak Dansat Brimob Polda Jateng Cup 2021

”Langkah ini untuk mendukung dan mendorong perizinan yang akhirnya membantu masyarakat berpenghasilan rendah, untuk mendapatkan rumah subsidi progam BP2BT,” ujar Ririn, di sela pelaksanaan akad kredit 82 unit rumah, hasil kerja sama dengan Bank BTN Kudus, Jumat (26/11/2021).

Dia menjelaskan, PBG merupakan peraturan atau kebijakan baru dari pemerintah, pengganti Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Hal itu juga sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2021. Dengan demikian, pengembang berhak membangun rumah bersubsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

”PBG yang kami peroleh ini merupakan salah satu yang pertama di Jawa Tengah. Pada tahap awal, untuk sementara ada 82 unit rumah yang kami bangun,” tambahnya.

BACA JUGA: Bupati Jepara Menjadi Guru Sehari di SMP N 1 Kembang

Dari 82 unit rumah pertama yang dibangun itu, sebagian telah merealisasikan akad KPR BP2BT di Bank BTN. dengan mengantongi PBG, pembeli rumah akan mendapatkan bantuan uang muka atau subsidi, sampai dengan Rp 40 juta per unit.

Selain Bank BTN, lanjutnya, dalam pembiayaan KPR Hanzichaland Group juga bekerja sama dengan Bank Mandiri dan BNI.

Ririn menyebutkan, dari 82 unit rumah PBG itu, berlokasi di Kawasan Tlogowungu, yaitu di kompleks Perumahan Saung Mas 1 dan Saung Mas 2.

BACA JUGA: Cara Mudah Menangkal Santet

Rumah yang dibangun itu dengan konsep modern minimalis, tipe 30/60 berlantai keramik, dan beratap genteng dengan rangka baja. Hunian itu memiliki dua kamar tidur, kamar tamu, dan satu kamar mandi.

PT Hanzichaland Group sendiri merupakan pengembang lokal, yang berkantor pusat di Pati. Hingga kini telah membangun berbagai tipe rumah di beberapa kota di Jateng, seperti di Jepara, Kabupaten Semarang dan Batang

Di Kabupaten Pati, sampai saat ini developer telah membangun sebanyak 438 unit, dan didominasi rumah subsidi. Sedangkan di wilayah Kabupaten Jepara ada Perumahan Jepara Indah Regency, berlokasi di Mayong. Ada juga Perumahan Candi Wana Mas di Kabupaten Batang.

Riyan