SEMARANG– Implementasi Tri Dharma Perguruan tinggi yang salah satu pointnya adalah Pengabdian Kepada Masyarakat melatarbelakangi Program Studi S1 Pariwisata USM untuk menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat bertempat di SMKN 6 Semarang pada tanggal 16 November 2021.

Kegiatan peningkatan kemampuan service quality sebagai bekal kompetensi di dunia industri diikuti oleh 35 siswa jurusan perhotelan.

Masalah kualitas layanan merupakan hal yang sangat penting di industry jasa khususnya yang melayani manusia dengan tingkat kepuasan pelanggan yang berbeda-beda sehingga harus ditanamkan secara terus menerus bagi mereka yang mau bekerja di industri pariwisata ataupun perhotelan.

Inilah yang melatarbelakangi Tim Pengabdian Masyarakat USM yang terdiri dari 3 Dosen Pariwisata yaitu Henny Indriyawati, S.Kom, M.Kom, Urania Heptanti S.St. Par, M.MPar dan Herman Paninggiran SE, M.MPar.

Menurut Henny bahwa tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan bagi siswa tentang service quality sekaligus memperkenalkan program studi Pariwisata yang ada di Universitas Semarang (USM).

“Para peserta yang terdiri dari siswa-siswi Program Perhotelan dibekali dengan pengertian mengenai Service Quality (Servqual) yang merupakan ukuran seberapa baik suatu layanan menemui kecocokan dengan harapan pelanggan” ungkap Henny.

Mengutip dari teori Parasuraman yang menyatakan lima dimensi dari kualitas layanan yang terdiri dari tangible, empathy, reliability, responsiveness dan assurance yang dijabarkan secara satu persatu sesuai dengan kompetensi bidang perhotelan oleh salah satu dosen pariwisata Herman Paninggiran SE, M.MPar.

Saiful Hadi – USM