blank

SEMARANG– Salah satu tugas dari dosen adalah pengabdian kepada masyarakat karena merupakan kewajiban yang harus dipenuhi pada setiap semester untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi karena pengabdian adalah bagian dari tro dharma.

Pada Semester Gasal 2021/2022 ini tim pengabdi dari fakultas ekonomi Universias semarang (USM) yang terdiri dari Ratna Wijayanti, SE, MM , Suratman SE., MM dan Eviatiwi KS, SE, MM menggelar kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan pada UMKM Orins Himawari baru-baru ini.

Kegiatan yang didanai oleh LPPM USM berjudul “Penguatan Aspek Manajemen Pemasaran Pada UMKM Orins Himawari Craft Semarang”

Menurut Ratna bahwa kegiatan PKM ini bertujuan untuk berbagi ilmu pengetahuan antara praktisi dan akademisi yang berfokuskan pada aspek manajemen pemasaran (Produk, Promosi dan Distribusi) yang diterapkan pada UMKM Orins Himawari Craft Semarang.

Owner dari UMKM Ibu Rina Suryana memiliki usaha ini sejak tahun 2017 dimana sejak awal produk yang diproduksi adalah pembuatan boneka yang berbahan dasar kaos kaki dan sarung tangan dengan berbagai macam karakternya.

“Melalui kegiatan penyuluhan ini diperoleh masukan bahwa untuk aspek produk UMKM Orins Himawari Craft telah melakukan diversifikasi produk karena tidak laku berfokus pada boneka tetapi juga memproduksi barang lain seperti dompet pouch, masker, dan tas tote bag” ungkap Ratna

Ratna menambahkan untuk aspek promosi dan distribusi, UMKM Orins Himawari telah melakukan pengembangan media promosi melalui media online berupa instagram dan melakukan pengajuan kerjasama dengan berbagai pihak seperti Dinas Koperasi dan Dinas Perdagangan serta ke beberapa hotel.

Melalui pengembangan media promosi tersebut sudah dipastikan akan memperluas pangsa pasar distribusi ke berbagai pelosok kota di Indonesia.

Saiful Hadi – USM