blank
Wali kota Muchamad Nur Azis saat meninjau stan kerajinan batik di event Magelang Craft Expo 2021, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Produk UMKM Kota Magelang rencananya akan dikenalkan sekaligus dipasarkan di Kota Tula, Rusia pada Mei 2022. Hal itu dilakukan SETELAH beberapa waktu lalu Kota Magelang dan Kota Tula sudah menandatangani kesepakatan mengenai ‘sister city’.

‘’Kami punya rencana untuk memasarkan produk fashion dan kerajinan UMKM Kota Magelang ke Kota Tula, Rusia, Mei 2022 nanti. Ini juga jadi bagian tindak lanjut program sister city,’’ kata Wali Kota Magelang Muchamad Nur Azis.

Beberapa hari lalu (13-14/11)  kali pertama sejak pandemi Covid-19, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Magelang menyelenggarakan pameran UMKM di obyek wisata Taman Kyai Langgeng.

Kegiatan bertajuk Magelang Craft Expo 2021 di Taman Kyai Langgeng (TKL) diikuti 60 peserta pelaku usaha.

Wali kota mengaku cukup bangga dengan hasil produk warganya itu. Menurutnya, pengusaha di Kota Magelang memiliki produk yang berkualitas, sehingga tidak sulit bersaing dengan produk lain di tingkat nasional maupun internasional.

Namun, lanjut dokter spesialis penyakit dalam itu,   sebelum diekspor pihaknya akan menyeleksinya terlebih dahulu. Hal ini agar pelaku usaha tetap mempertahankan kualitas produknya secara  maksimal.

‘’Dari pameran kita akan lihat mana yang layak diekspor,’’ ujarnya.

Kepala Disperindag Kota Magelang, Catur Budi Fajar Sumarmo mengatakan, pameran ini menyajikan sekitar 60 industri kecil menengah (IKM) kerajinan se-Kota Magelang. Mereka menempati  45 stand yang dibuat eksklusif dan nyaman.

‘’“Hampir dua tahun ini kita tidak ada kegiatan pameran, karena pandemi Covid-19. Sekarang, Kota Magelang sudah level 1 dan kita hadirkan pameran kerajinan dalam rangka menggeliatkan kembali IKM kerajinan yang kita miliki,’’ tuturnya, kemarin.

Dia menuturkan, industri kerajinan ini di bawah binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) yang diketuai Niken Ichtiaty Nur Aziz, istri dari Wali Kota Magelang. Melalui pameran ini diharapkan ekonomi di Magelang bisa bergairah lagi.

Catur menjelaskan, khusus menindaklanjuti kerja sama Kota Magelang dan Kota Tula Rusia, beberapa hasil kerajinan akan dikirimkan ke sana. ‘’Antara lain fashion dan kopi karena di sana akan ada festival kopi,’’ ungkapnya.

 

Penulis : Prokompim/Pemkotmgl

Editor   : Doddy Ardjono