blank
Muhammad Fauzan

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Pengayuh sepeda asal Magelang yang bertujuan ke Arab Saudi, Muhammad Fauzan, malam ini sampai Karawang, Jawa Barat. Dia berangkat dari Magelang pada Kamis (4/11) lalu.

Ketika ditanya selama perjalanan menemui kendala apa saja, menurut Fauzan tidak ada kendala serius. Selama perjalanan hanya dua kali kehujanan. “Pernah bocor di Semarang dan sisanya InsyaAllah aman,” tuturnya melalui WhatsApp.

Menurut rencana selepas dari Pulau Jawa dia akan menyeberang ke Pulau Batam.

Sementara itu ketika ditanya tentang dukungan finansial untuk perjalanan panjang itu dia mengaku ada beberapa teman lama yang mentransfer uang. Selain itu dia menjual produk minyak pelega nafas Kaffah seharga Rp 50 ribu/botol. “Ikhtiar jualan dan galang dana,” tuturnya.

Pria yang lahir 20 Juli 1993 itu punya tekad bulat untuk menunaikan Ibadah Haji dengan cara langka. Dia akan mengayuh sepeda ontel dari Magelang sampai Tanah Suci Makkah dan Madinah, Arab Saudi. Pria asal  Plikon, Girikulon, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, itu berangkat sejak Kamis (4 November) lalu.

Saat ditanya maksud dan tujuannya ke Arab Saudi, dia jawab to the point: hendak menunaikan rukun Islam berupa Ibadah Haji. Sarjana S1 Stiba, Makassar, jurusan Hukum Islam itu memperkirakan perjalan panjangnya selama delapan bulan.

Pria yang usai menyelesaikan  yudisium S2 di sebuah perguruan tinggi Islam itu akan menempuh rute panjang  Indonesia – Singapura – Malaysia – Thailand – Myanmar – Bangladesh dan seterusnya. Selama perjalanan dia mengantongi berkas
inti berupa paspor dan visa, serta tambahan rekomendasi Ormas dan para ustadz atau guru mengaji.

Jangkauan perjalanan setiap harinya, dia katakan
tidak menentu. Karena, di setiap daerah akan singgah dan bersilaturahmi ke tokoh masyarakat, juga ke instansi Muhammadiyah.

Pria yang kesehariannya sebagai guru mengaji dan mengisi pengajian di beberapa masjid  itu mengatakan bahwa
targetnya sampai Arab Saudi pada musim haji. Kalau tidak bisa tepat waktu, dia akan umrah. “Semoga sudah terhitung haji di sisi Allah,” harapnya.

Dia menerima donasi atau sumbangan. Bagi yang hendak membantu dana bisa melalui Bank BSI dengan nomor rekening 7075840677 atas nama Muhammad Fauzan. “Perjalanan yang jauh dan panjang ini butuh bekal yang cukup. Doa dan support sangat diharapkan dari semua pihak,” tulis pria dengan nomor handphone +62823-3782-9539 itu.

Eko Priyono