blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih memantau pelaksanaan vaksinasasi di SMPN2 Adimulyo, Sabtu, 6/11.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN  (SUARABARU.ID) – Berangsurnya penurunan kasus Covid-19, di Kabupaten Kebumen diharapkan segera masuk ke Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

Hal tersebut lantaran program vaksinasi telah hampir mencapai 50 persen. Bahkan juga telah menyasar kepada para pemuda dan pelajar SMP.

Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH meyampaikan hal tersebut di sela-sela memantau vaksinasi bagi pelajar di SMP Negri 2 Adimulyo Sabtu, (6/11).

Acara dihadiri Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih, Sekretaris Dinas Kesehatan Kebumen dr Iwan Danardono, Kepala Sekolah SMPN 2 Adimulyop Noto Sutarjo, serta Forkopimcam Kecamatan Adimulyo.

Arif Sugiyanto pun optimistis mulai minggu depan Kebumen segera memasuki PPKM Level 2. Terlebih perkembangan kasus baru Covid-19 menurun drastis. Tercatat hanya ada 9 orang yang terkonfirmasi positif. 3 diantaranya dirawat di rumah sakit, dan yang 6 melakukan isolasi.

“Kami optimistis seteleh pengecekan PPKM besok Kebumen turun menjadi Level 2 pada minggu depan dan targetnya Desember Kebumen sudah menjadi Level 1,”ujar Arif Sugiyanto.

blank
Para pelajar SMPN2 Adimulyo, Kebumen, mengikuti vaksinasi jenis Pfitzer,Sabtu 6/11.(Foto:SB/Ist)

Masyarakat Memperoleh Kekebalan Komunal

Menurut penuturan Bupati, saat ini ada 45.552 dosis vaksin jenis Pfitzer yang dikhususkan bagi para pelajar dan baru tiba di Kebumen. Vaksin tersebut juga langsung didistribusikan kepada para pelajar, di sekolah sekolah.

Hal tersebut Ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Pusat agar masyarakat bisa segera memperoleh kekebalan komunal atau kelompok. Masyarakat perlu turut menyukseskan program tersebut, agar kehidupan bisa kembali berjalan normal.

“Kepada masyarakat dan orang tua agar jangan khawatir terhadap kegiatan vaksinasi ini, mari bersama- sama menyukseskan program vaksinasi ini,”imbuh Bupati.

Sementara itu, Kepala SMP Negri 1 Adimulyo Noto Sutarjo mengatakan, vaksinasi saat ini menyasar kepada 759 siswa- siswi kelas 7 sampai 9. Dengan Vaksinasi itu Noto  berharap peserta didik bisa memperoleh kekebalan tubuh dari virus covid 19.

Noto menyatakan, dengan vaksinasi ini, para siswa bisa kembali mengikuti pem elajarah tatap muka (PTM) secara penuh tanpa ada batasan. Meski demikan, sekolah tersebut juga telah melaksanakan PTM dengan hanya 50 persen siswa.

“Harapan kami  siswa memperoleh kekebalan tubuh dari Covid -19, sehingga PTM bisa dilaksanakan secara penuh,”ucap Noto..

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga memantau pelaksanaan vaksinasi di Desa Jatimulyo Kecamatan Kuwarasan. Ada lebih dari 700 dosis vaksin jenis sinovac yang diberikan kepada masyarakat di desa tersebut.

Komper Wardopo