Buoati Kebumen Arf Sugiyanto
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bergambar bersama para pesilat PSHT yang meraih Juara 1 Kejuaraan pencak silat Bupati Cup 2021.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Kebumen berhasil keluar sebagai Juara Pertama  Kejuaraan Pencak Silat “Bupati Cup” Tahun 2021.

Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH didampingi Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata Kebumen Mohamad Arifin resmi menutup Kejuaraan Pencak Silat “Bupati Cup” Tahun 2021 yang berlangsung di Aula Sekretariat Daerah, Kabupaten Kebumen, Jumat (29/10).

Dari 11 perguruan silat yang terjun pada kejuaraan tersebut, diambil tiga juara terbaik. Untuk Juara Tiga diraih oleh Perguruan Persinas Asad, Juara Dua diraih oleh Perguruan Silat Merpati Putih, dan Juara Satu diraih oleh Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

Arif Sugiyanto menyampaikan selamat kepada seluruh pemenang yang sudah tampil meramaikan kejuaran silat ini. Bagi yang belum juara, dia meminta agar tidak pesimis dan putus harapan. Sebab masih ada kesempatan lain.

blank
Bupati Arif Sugiyanto bersama panitia dan pimpinan perguruan pencak silat di Kebumen.(Foto:SB/Ist)

“Untuk para pemenang saya ucapkan selamat atas prestasi dan kerja keras yang diraih. Kalian semua sejatinya adalah pemenang yang sudah banyak memberikan kontribusi dalam kemajuan pencak silat di Kebumen,” ujar Arif Sugiyanrto

Bupati berpesan, hendaknya setinggi apa pun prestasi yang diraih, tetap lah  menjadi pendekar yang rendah hati. Menggunakan ilmu bukan untuk kesombongan, atau melukai orang. Tapi untuk melindungi dan mendidik masyarakat.

“Bagi peserta yang belum juara jangan kecil hati dan putus asa. Gerbang prestasi masih terus terbuka, teruslah belajar berlatih, dan tetaplah menjadi pendekar yang rendah hati, meski kalian punya segudang prestasi,”jelasnya.

Arif Sugiyanto meminta tetap menjaga persatuan baik intern maupun antar perguruan pencak silat. Dengan bersatu, pencak silat diharapkan akan maju dan berprestasi. Daerah pun akan maju, masyarakat aman sejahtera.

Dalam kejuaran ini, PSHT berhasil mendapat 7 emas, 3 perak, 2 perunggu. Merpati Putih, 4 emas 3 perak, 3 perunggu.  Persinas Asad mendapat 4 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Kejuaran ini  diikuti 130 peserta,  terdiri atas  80 putri, 50 putra.

Komper Wardopo