blank
Kades Bandongan (kiri) menanam bibit pohon di lokasi objek wisata, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)- Desa/Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, mulai mengembangkan tempat wisata alam, edukasi dan kuliner.

Pemerintah Desa Bandongan akan menggali dan mengembangkan potensi-potensi wisata yang ada di wilayah pegunungan itu.

Kepala Desa Bandongan, Sudjono, hari ini mengatakan, keindahan alam dan potensi di desa itu memiliki daya tarik wisata. Untuk itu, pihaknya mulai melakukan beberapa pengembangan. Seperti membuka paket liburan, baik bagi keluarga maupun komunitas.

Dijelaskan, sektor wisata yang menjadi unggulan di Desa Bandongan antara lain paket kegiatan wisata alam dan edukasi yang menawarkan beberapa pilihan menarik. Pilihan di desa itu ada wisata alam, edukasi, dan kuliner. Belakangan ini sedang dirintis agar menjadi paket wisata dan itu sudah masuk dalam perencanaan.

“Kelak akan dikembangkan wisata alam, wisata edukasi dan kuliner dengan menampilkan makanan tradisional khas Bandongan,” kata Sudjono usai melakukan penanaman pohon langka di lokasi yang akan dijadikan tempat wisata.

Lebih lanjut dia menjelaskan, direncanakan launching objek wisata di desa itu pada 1 Januari mendatang. Bersamaan dengan launching Bandongan Mall. Lahan yang akan dimanfaatkan adalah tanah kas desa seluas 7.800 meter ditambah menyewa tanah warga seluas 2.000 meter, sehingga totalnya sekitar 9.800 meter.

Dalam rencana tersebut Pemerintah Desa Bandongan bekerja sama dengan Tim Tunas Mekar milik Budiono Hidayat warga desa Rejosari Bandongan, yang sekarang bertempat tinggal di Jakarta. Rencananya kelak akan diberi nama Wisata Agro Lembah Semawang Bandongan.

“Launching akan kami laksanakan pada hari Sabtu tanggal 1 Januari 2022 bersamaan launcing Bandongan Mall,” jelasnya.

Menurut dia, Desa Bandongan memiliki potensi wisata yang sangat bagus. Dia yakin, dengan adanya dukungan masyarakat, peran aktif PKK, kelompok sadar wisata (Pokdarwis), serta Badan Usaha Milik Desa, wisata desa itu bisa berkembang dengan baik.

Penopang pengembangan wisata Bandongan, Budiono Hidayat, menjelaskan, nantinya ada tiga konsep wisata yang akan bisa dinikmati pengunjung. Yakni wisata tubing, wisata edukasi dan kuliner makanan khas Bandongan.
Selain membantu pengembangan akomodasi pariwisata, dia juga membantu dalam hal peningkatan SDM seperti memberikan pelatihan cara memberikan pelayanan kepada wisatawan.

Eko Priyono