Bedah rumah Ibu Suwadah ini diikutkan dalam lomba desain rumah sehat FABA .

JEPARA (SUARABARU.ID) – PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Tanjung Jati B atau (PLN UIK TJB) memberikan bantuan bedah rumah kepada warga yang kurang mampu di sekitar PLTU Tanjung Jati B Jepara. Kegiatan  ini sebagai salah satu wujud nyata kepedulian dan bagian dari program Tanggungjawab Sosial & Lingkungan (TJSL) PLN UIK TJB.

Kali ini bantuan pembangunan bedah rumah diberikan kepada warga kurang mampu dan belum memiliki rumah/tempat tinggal yang tidak layak huni. Bantuan  diberikan kepada Ibu Suwadah beserta suaminya yang tinggal  di sekitar PLTU Tanjung Jati B di Desa Tubanan, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara.

Pembangunan  dimulai tanggal 19 Agustus 2021 dan selesai pada 24 Oktober 2021. Kegiatan bedah rumah Ibu Suwadah ini diikutkan dalam lomba desain rumah sehat FABA yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero) atas kerjasama dengan Kementerian ESDM, Kementerian PUPR & ALLIN (Asosiasi Lingkungan Industri Ketenagalistrikan Nasional).

Baca Juga : 15 Link Twibbon Hari Listrik Nasional 2021, Terbaru

“Bedah rumah ini dilaksanakan dalam rangka keikutsertaan lomba desain rumah sehat terjangkau dan ramah lingkungan dari FABA PLTU tahun 2021 yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero) dan ALLIN,” ungkap Jatie Kuncara, MSB Aset Properti, Komunikasi & Umum PLN UIK TJB. Harapannya dengan mengenalkan material FABA ke masyarakat luas membuktikan bahwa FABA bisa diaplikasikan untuk bahan bangunan dengan aman, nyaman dan ramah lingkungan, tambah Jatie Kuncara.

PLN UIK TJB juga bersinergi dengan Polres Jepara untuk kegiatan bhakti sosial program bedah rumah dengan memberikan bantuan berupa batako dan paving produk FABA di Desa Damarjati, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara

Rumah Ibu Suwadah  yang semula dibangun atas bantuan swadaya tetangga sekitar tersebut, saat ini sudah selesai dilakukan pembangunan bedah rumah. Rumah Ibu Suwadah dibangun menggunakan produk inovasi dari PLN UIK TJB di PLTU Tanjung Jati B berupa produk hasil dari Fly Ash, Bottom Ash (FABA).

Produk yang dignakan antara lain paving block dengan komposisi 70% faba, batako komposisi 70% faba, beton konstruksi struktural komposisi 20% faba, beton lantai kerja non struktural komposisi 90% faba, genteng komposisi 20% faba, acian komposisi 40% faba, mortar sebagai pasangan dan plesteran dengan komposisi 83% faba.

Disamping itu  timbunan 100% faba, ornamen roster komposisi 70% faba, beton pra cetak berupa bis beton dan bis-U komposisi 20% faba dan pondasinya dari landfill yg sudah berusia di atas 5 tahun. Total penggunaan FABA dari PLTU Tanjung Jati B untuk kegiatan pembangunan bedah rumah ini sekitar 59 Ton.

Bangunan bedah rumah yang sudah jadi ini bahkan dirancang bisa dibangun untuk dilakukan peningkatan dua lantai, dengan tipe rumah 48 dengan luas 6M x 12M atau sekitar 72 M2, terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 dapur, 1 tempat cuci dan jemuran,  ruang tamu serta taman/halaman. Disamping itu rumahnya terpasang subsidi listrik pra bayar sebesar 900 Watt, desain rumah dibuat agar sirkulasi udara lancar dan atapnya menggunakan baja ringan yang cukup kuat.

Sementara Nugroho Adi, Asisten Manager K3L PLN UIK TJB memberikan penjelasan bahwa, potensi pemanfaatan FABA ini sangat prospektif sebab  kualitasnya tidak kalah dengan berbagai material konvensional dan tingkat keamanannya pun terjamin. “Kandungan zat timbalnya di bawah ambang batas, jadi aman untuk kesehatan dan ramah lingkungan, ” ujar Nugroho Adi. Kedepannya PLN UIK TJB masih akan terus berinovasi mengembangkan pemanfaatan FABA PLTU Tanjung Jati B lebih banyak lagi di berbagai bidang.

Selain di Desa Tubanan, di bulan Oktober ini PLN UIK TJB juga bersinergi dengan Polres Jepara untuk kegiatan bhakti sosial program bedah rumah dengan memberikan bantuan berupa batako produk FABA sebanyak 3800 buah dan paving produk FABA sebanyak 10.000 buah, di Desa Damarjati, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara.

Ada dua (2) rumah tidak layak huni yang dibangun ulang dengan menggunakan produk olahan FABA dari PLN UIK TJB, yakni rumah Mbah Sutipah (70thn) dan rumah Mbah Legimah (71thn) yang keduanya merupakan warga Desa Damarjati, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara.

Peresmian kedua rumah tersebut diresmikan langsung oleh Kapolres Jepara, AKBP Warsono  beserta jajarannya serta mitra yang lainnya. Kapolres Jepara dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas segala bantuannya khususnya bantuan paving dan batako dari PLN UIK Tanjung Jati B.

Hadepe

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini