blank
Wakil Bupati Wonosobo M Albar ketika berbicara di hadapan ASN Kecamatan Kejajar. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Wakil Bupati Wonosobo Jawa Tengah M Albar menegaskan kepada ASN, termasuk yang bertugas di wilayah pemerintah kecamatan, harus jeli. Mampu beradaptasi dengan segala sesuatu yang ada dan sedang berkembang di tengah masyarakat.

“Sehingga ketika ada persoalan yang muncul di tengah masyarakat akan segera dapat diatasi dengan baik. Sebagai pelayan publik, ASN harus bekerja secara profesional dan proporsional,” ujar dia.

M Albar menegaskan hal tersebut saat menjadi pembina apel di Kantor Kecamatan Kejajar, Senin, (25/10). Wakil Bupati pada kesempatan itu didampingi Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra, M Aziz Wijaya, beberapa Kabag di Setda serta jajaran Forkopimcam Kejajar dan instansi terkait lainnya.

Gus Albar menuturkan, Kejajar merupakan wilayah yang agamis, warga masyarakatnya tumbuh berlandaskan pengamalan agama yang baik. Melihat hal itu, para ASN wilayah, semestinya harus mampu beradaptasi dengan baik.

“Karena menurutnya ruang gerak para abdi negara ini pasti akan mendapat sorotan dan penilaian dari masyarakat itu sendiri.
Mereka harus benar-benar menjiwai langkah dan peranya di tengah masyarakat guna membantu meningkatkan kesejahteraan warga setempat,” tandasnya.

Lebih lanjut, Gus Albar mengatakan, wilayah ini termasuk daerah  wisata. Karena itu jajaran yang ada di Kejajar ini harus mampu berkreasi dan mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki dan memanfaatkan peluang yang ada.

“Kejajar ini daerah wisata, jadi ASN dan jajaran yang ada harus lebih maju. Bukan hanya penampilan saja tapi profesionalisme kerjanya harus benar-benar ditunjukan,” katanya.

Gus Albar berharap kepada jajaran ASN mampu untuk terus berkembang, tidak  hanya melakukan pekerjaan rutinitas saja. Namun ada kreasi dan langkah yang nyata yang bermanfaat untuk masyarakat.

“Saya ingin panjenengan semua jangan hanya mengerjakan rutinitas saja. Namun hasil kerjanya harus bisa dirasakan oleh masyarakat. Jangan hanya dibelakang meja saja. Harus banyak berinovasi, berkreasi untuk ikut serta mensejahterakan masyarakat,” ungkapnya.

Pendidikan dan Wisata

blank
Wakil Bupati Wonosobo, M Albar. Foto : SB/Muharno Zarka

Selain itu, Wakil Bupati mengajak kepada jajaran ASN Kecamatan Kejajar agar memperhatikan permasalahan pendidikan dan pariwisata. Perlu ada langkah konkrit untuk mensikapi dan mennyelesaikan masalah pendidikan dan pariwisata.

Terkait permasalahan pendidikan, Gus Albar mianta agar pola pikir lama yang sudah tertanam kuat di masyarakat harus bisa dirubah. Masalah pendidikan sangat penting sebagai peningkatan SDM di masyarakat.

“Di sini ada mainset yang perlu dirubah. Di mana di kalangan masyarakat merasa pendidikan kurang begitu penting. Contohnya seperti ini, ngapa sekolah duwur-duwur, macul bae wis sugih, ga usah sekolah bisa banyak uang. Saya rasa itu yang perlu diperhatikan dan dirubah minsetnya,” kata dia.

Wakil Bupati menyebut banyak anak tidak bersekolah di semua jenjang pendidikan, membutuhkan gerak langkah dari ASN dan juga guru agar anak-anak bisa belajar dengan baik. Dapat menyelesaikan wajib belajar dasar (Wajardikdas) 12 tahun secara tuntas.

M Albar berharap di Kejajar bisa memunculkan dan menyumbangkan peserta didik yang berkualitas baik dan menggembirakan. Sehingga bisa bersaing dengan daerah lain dan turut mendongkrak peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Wonosobo.

Selain pendidikan, Gus Albar mengungkapkan, wilayah Kejajar ini merupakan daerah wisata. Maka semua ASN harus bisa meningkatkan performa dan musti dapat melihat kearifan lokal yang ada.

“Potensi tersebut agar dimanfaatkan semaksimal untuk mendongkrak peningkatan dan kemajuan dari sektor wisata. Selain itu, dalam arus globalisasi dan digitalisasi saat ini, semua dituntut mampu mengikuti perkembangan teknologi digital,” sebutnya.

Menurutnya, wisata di Wonosobo itu tidak ada duanya. Namun bagaimana pengelola mampu melayani para tamu secara profesional, ramah dan senyum. Tentu hal itu menjadi tuntutan semua. Termasuk ASN, yang setiap harinya dapat bertemu para wisatawan.

“Yang paling utama adalah bagaimana bisa melayani masyarakat dengan baik. Sehingga segala sesuatunya terkondisikan dengan baik dan bisa memberikan kepuasan bagi masyarakat,” pungkasnya.

Muharno Zarka

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini