blank
Kapoksahli Pangdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Rimbo Karyono, S.I.P., M.M. dalam kegiatan peresmian Gatot Soebroto Private Museum. Foto: Dok Pendam IV/Diponegoro.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto yang diwakili Kapoksahli Pangdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Rimbo Karyono, S.I.P., M.M. meresmikan Gatot Soebroto Private Museum, Minggu (10/10/2021).

Gatot Soebroto Private Museum yang berlokasi di Ungaran Barat Kabupaten Semarang diresmikan sebagai bentuk apresiasi tinggi Kodam IV kepada pahlawan bangsa.

Dalam sambutannya, disampaikan tujuan dari peresmian museum ini adalah sebagai wujud penghormatan kepada Jenderal Gatot Soebroto yang telah berkorban jiwa dan raganya demi kepentingan bangsa dan negara yang kita cintai.

“Sebab, sebagai bangsa yang besar kita tidak boleh melupakan jasa para pahlawan,” ujar Brigjen TNI Rimbo Karyono.

Selain riwayat hidup serta tanda jasa, di dalam museum juga diletakkan benda-benda bersejarah peninggalan Jenderal Gatot Soebroto sejak awal sampai akhir perjuangannya, dengan tujuan untuk mengenang serta sebagai pemicu semangat generasi penerus bangsa, guna melanjutkan cita-cita perjuangan para pendahulu. Sekaligus sebagai sarana edukasi dan rekreasi bagi masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Kapoksahli juga mengucapkan terima-kasih serta memberikan penghargaan yang tinggi kepada keluarga besar Gatot Subroto dan semua pihak yang telah mempersembahkan museum tersebut kepada rakyat Indonesia.

Menurutnya, dalam pelaksanaan operasional museum harus tetap menerapkan protokol kesehatan. “Dengan mengucap Bismillaahirrahmaanirrahiim, pada hari Minggu, tanggal 10 Oktober 2021, Gatot Soebroto Private Museum, saya nyatakan diresmikan,” tegasnya.

Turut hadir dalam peresmian tersebut Nanang (putra Alm Jenderal Gatot Subroto), Danrem 073/Makutarama Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo, S.Sos., M.M., Ketua DPRD Kabupaten Semarang, Bondan Marutohenig, Wakil Bupati Kabupaten Semarang, H. Basari, S.T. , M.Si., dan Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Loka Jaya Sembada, S.I.P.

Ning