blank
Utusan STQ Jateng dari Wonosobo pamitan dengan Bupati Afif Nurhidayat. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Utusan Kabupaten Wonosobo untuk kafilah Jawa Tengah pada Seleksi Tilawatil Qur,an (STQ) Nasional ke-XXVI tahun 2021, pamit dan mohon doa restu kepada Bupati Afif Nurhidayat di Pendopo Bupati setempat.

Utusan STQ Wonosobo, atas nama Nahjah Failusufa Albab, mewakili kafilah Jawa Tengah pada Cabang Tilawah golongan anak-anak putri pada STQ Nasional Ke XXVI Tahun 2021 di Kota Sofifi, Provinsi Maluku Utara, 16-25 Oktober 2021 mendatang.

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, menyampaikan ucapan selamat berlomba kepada Nahjah, yang merupakan siswa siswi terpilih dan sebagai duta yang akan membawa nama baik Wonosobo dan Jawa Tengah di tingkat Nasional.

Afif juga menambahkan kepada kalifah dari Wonosobo agar benar-benar melaksaanakan amanah yang mulia ini, dibarengi dengan semangat yang tinggi dan dijiwai dengan niat ibadah, dalam arti mengajak masyarakat untuk mencintai, memahami dan mengamalkan isi yang terkandung dalam Al-Qur’an.

“Selain untuk meraih prestasi, yang terpenting adalah bagaimana menggerakan gairah umat Islam untuk lebih giat lagi dalam pembangunan yang didasari nilai-nilai luhur Al-qur’an dan mengaplikasikan ajaran Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari” ungkap Bupati.

STQ ini, lanjutnya, hanya sebagai salah satu sarana. Tetapi inti dari itu bagaimana Al Quran bisa membumi, bisa menjiwai, dan akhirnya bisa memberikan berkah, kemanfaatan bagi semua. Hal itu, selaras dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati, Wonosobo yang agamis dan religius.

Dorong Potensi

blank
Utusan STQ Jateng dari Wonosobo audiensi dengan dengan Bupati Afif Nurhidayat. Foto : SB/Muharno Zarka

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setda Wonosobo, Jaelan Sulat, saat mendampingi Bupati, juga menyampaikan bahwa pemerintah selalu mendorong munculnya potensi anak-anak di bidang keagamaan yang ada di Kabupaten Wonosobo.

Proses pembinaan dan proses seleksi peserta STQ dilakukan oleh Kementerian Agama Wonosobo. Sejauh ini sudah berjalan dengan sangat baik. Wonosobo bisa mengirimkan utusan untuk mewakili Jawa Tengah di event STQ tingkat Nasional.

“Seperti apa yang di laksanakan hari ini, mengutus kafilah yang mewakili Wonosobo untuk Jawa Tengah tidak muncul begitu saja. Tetapi itu merupakan proses dari pembinaan dan seleksi yang sudah dilaksanakan,” ungkap Jaelan.

Selain itu, menurutnya, juga punya Lembaga Pendidikan Taman Al Qur’an (LPTQ), di mana melalui Badan Koordinasi LPQ bisa mencetak generasi generasi yang handal dalam membaca Al Qur’an.

“Dan semoga ke depan kita bisa lebih banyak lagi mengirimkan wakil wakil Wonosobo di ajang lomba keagamaan, melalui seleksi seleksi dan kompetisi. Di mana sekarang ini kita sedang terkendala dengan pandemi global Covid-19,” ujarnya.

Dengan vaksinasi yang terus digencarkan dan dengan kondisi yang semakin membaik ini, diharapkan, semua pihak bisa melaksanakan kegiatan dengan tatanan kenormalan baru.

Muharno Zarka